Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemprov Sulut Matangkan Stategi PUG Pada Pembangunan

Tonny Sumakul   |   13 September 2012 – 13:45 WITA
Ivone Lombok 2

Kasubag bidang Pemberdayaan Perempuan pada Biro Kesra, Ivone Lombok

MANADO, (manadotoday.com) – Pelaksanaan Pengharusan Utamakan Gender (PUG) pada pembangunan di Sulawesi Utara (Sulut) selama ini, dinilai masih kurang. Pasalnya, hasil pembangunan tersebut dinilai kurang dirasakan dan dimanfaatkan oleh perempuan.

Menindaklanjuti hal itu, Pemprov Sulut melalui Bappeda dan Biro Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), melakukan evaluasi pelaksanaan PUG dalam setiap kegiatan di masing-masing SKPD, mulai dari perencanaan sampai dengan pembangunan yang menguntungkan pihak semua pihak, terutama perempuan.

Kasubag bidang Pemberdayaan Perempuan pada Biro Kesra, Ivone Lombok, mengatakan, dari hasil rapat evaluasi itu, mengingatkan seluruh SKPD untuk bertanggungjawab pada bidang perencanaan, sehingga saat penyusunan anggaran dan perencanaan pembangunan, masing-masing unit kerja mengutamakan gender pembangunan yang bisa dimanfaatkan dan dirasakan oleh perempuan.

Dijelaskan Lombok, contoh pembangunan yang kurang bermanfaat dan berpihak pada perempuan, seperti meja belajar bagi siswa perempuan yang terbuka, sehingga bisa mengganggu proses belajar mengajar.

“Contoh lainnya adalah pembuatan anak tangga yang terlalu tinggi, bisa menyusahkan perempuan saat naik tangga jika menggunakan rok, dan penyediaan wc ataupun kamar mandi perempuan kurang dibandingkan dengan laki-laki, padahal perempuan saat akan ke wc membutuhkan waktu kurang lebih 4 menit yang mengakibatkan antrean bagi mereka,” jelas istri dari Asisten III Setdaprov Sulut ini.

Lombok menambahkan, diharapkan kedepan, Pokja PUG yang terbentuk dimasing-masing unit kerja, dalam strategi pembangunan dan perencanaan menguntungkan semua pihak, dalam hal ini perempuan maupun laki-laki. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading