Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemprov Sulut Minta Pemkab Minahasa Lengkapi Kajian Pemekaran Kecamatan

Tonny Sumakul   |   13 April 2012 – 21:59 WITA
mecky onibala

Mecky Onibala (kanan) dan Dr. Noudy R. P. Tendean

MANADO, (manadotoday.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) melalui Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Mecky Onibala, meminta agar Pemkab Minahasa, untuk melengkapi berkas kajian rencana pemekaran tiga Kecamatan.
“Hasil pemeriksaan dari usulan kajian pemekaran kecamatan yang diusulkan Pemkab Minahasa, terdapat beberapa persyaratan yang belum dilengkapi,” kata Onibala yang juga sebagai Ketua tim koordinasi pembentukan kecamatan Provinsi Sulut, Jumat (13/4).
Dijelaskannya, persyaratan yang belum dilengkapi sebagaimana diamanatkan dalam PP 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan, yakni persyaratan administratif, persyaratan fisik kewilayahan, dan persyaratan teknis. Kata dia, Pemkab Minahasa belum memasukan lampiran dokumen pendukung, sesuai Pasal 4 poin a PP 19 tahun 2008 itu. Dan persyaratan teknis, yakni memasukan peta Kecamatan dengan skala 1 : 50.000,berseta dengan batas wilayah yang sesuai kaidah teknis dan memuat titik koordinat.
“Untuk itu, Bupati Minahasa, segera melengkapi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam PP.No. 19 Tahun 2008 itu, untuk proses selanjutnya dengan rekomendasi Gubernur,” terang Onibala.
Sementara Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, Dr. Noudy R. P. Tendean, SIP. MSi, mengatakan bahwa dalam rangka tertib administrasi wilayah pemerintahan, pihaknya dalam waktu dekat ini, akan menurunkan tim peninjauan lapangan.
“Peninjauan lapangan ini, merupakan proses verifikasi sebelum Gubernur mengeluarkan rekomendasi, untuk pengusulan pemekaran kecamatan dan sekaligus menjawab surat permohonan Bupati Minahasa, dengan No. 100/01/29 Tanggal 20 Pebruari 2012 perihal permohonan rekomendasi,” terang Sekretaris tim koordinasi pembentukan kecamatan Provinsi Sulut itu.
Ditambahkan Tendean, usulan pemekaran Kecamatan yang disampaikan Pemkab Minahasa itu, yakni pemekaran Kecamatan Mandolang dari Kecamatan Pineleng, pemekaran Kecamatan Tombariri Timur dari kecamatan Tombariri dan pemekaran Kecamatan Tompaso Barat dari kecamatan Tompaso. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading