Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemprov Sulut Mulai Kaji Pemekaran Kecamatan di Manado

Tonny Sumakul   |   23 Juni 2012 – 12:38 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) melalui Tim Koordinasi Pembentukan Kecamatan (TKPK), mulai melakukan peninjauan soal rencana pemekaran di Kota Manado.

Diketahui, rencana pemekaran Kecamatan di Ibukota Provinsi Sulut ini, yakni calon Kecamatan Paal Dua di Ranomuut (Pemekaran dari Kecamatan Tikala), calon Kecamatan Winangun (Pemekaran dari Kecamatan Malalayang), dan calon Kecamatan Bunaken Kepulauan (pemekaran dari Kecamatan Bunaken).

Tim yang dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sulut, Drs. Mecky M Onibala MSi, didampingi Karo Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy R.P. Tendean SIP, MSi,Kasubag Otda Danny Tamara, STTP MSi, dan Kasubag Penerangan dan Publikasi AY Rambing, S.Sos, melakukan peninjauan di tiga calon kecamatan yang akan dimekarkan, dan menerima pemaparan dari Pemkot manado, yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Frangky Mewengkang, MSi.

Sementara itu, Onibala mengatakan, rencana pemekaran kecamatan ini, diharapkan akan diikuti dengan sosialisasi oleh Camat dan Lurah, ke semua masyarakat, terkait maksud dan tujuan dari pemekaran itu. Hal tersebut, untuk menghindari jangan sampai sudah dimekarkan, terjadi komplain dari masyarakat.

“Rencana pemekaran ini, harus disosialisasikan ke masyarakat, karena saya rasa ini sagat penting,” ungkap Onibala.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy Tendean, mengatakan, secara teknis dan fisik, kewilayahan yang rencananya sudah akn dimekarkan telah memenuhi syarat.

“Namun saya ingatkan, administratifnya masih ada sedikit kekurangan, sepertihalnya peta wilayah dengan memuat batas dan titik koordinat yang jelas, dokumen hibah tanah atau bangunan yang akan dijadikan kantor, untuk segera dilengkapi,” terang Tendean.

Lanjutnya menyampaikan, untuk menghadapi persiapan pemekaran ini, diperlukan komitmen dari seluruh Keluarahan, yang masuk dalam wilayah pemekaran.

“Kalau bisa sudah dimasukan ke Pemprov Sulut pekan depan,” ungkapnya.

Kata dia lagi, Pemprov Sulut sendiri sangat mendukung usulan pemekaran kecamatan dari Pemkab dan Pemkot, namun harus berdasarkan pada aturan perundang-undangan yang berlaku, sesuai Peraturan Pemerintah (PP). 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan.

“Sepanjang persyaratan sesuai dengan PP tersebut, kami akan mempercepat proses rekomendasi dari Gubernur. Saya harap, Pemkot Manado secepartnya melengkapi berkas yang masih kurang itu,” ungkap Tendean. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading