Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemprov Sulut terus Matangkan Persiapan Pacific Partnership

Tonny Sumakul   |   25 Februari 2012 – 12:28 WITA

Manado (manadotoday.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) terus mematangkan persiapan Pacific Partnership atau kegiatan latihan penanggulangan bencana, yang akan dilaksanakan di tujuh kabupaten/kota di daerah ini, diantaranya Manado, Bitung, Minahasa, Minahasa Utara, Sangihe, Talaud dan Sitaro.
Dalam pertemuan antara Pemprov Sulut bersama, tim kehormatan Commander Pacific Partnership terdiri dari Mission Commander Captain J Morgan, Ltn. Commander Sonja Lohmeyer, Ltn. Commander Frank Placios, Capt. Timothy Hinman, yang dipimpin oleh Direktur Program Angkatan Laut Kontor Kerjasama Pertahanan Kedutaan AS, Ltn. Commander Christopher Giacomaro., terungkap bahwa Pacifik Partnership 2012 merupakan kegiatan latihan penanggulangan bencana, antara Indonesia dan Amerika Serikat.
“Kegiatan ini akan melibatkan 12 negara kawasan Asia Pacific. Dan saat ini telah dilakukan perencanaan kegitatan, melalui survey, Initial Planing Conference (IPC), Pre Deployment Site Survey (PDSS), dan Middle Planing Conference (MPC),” kata Danlanudsri Manado, Letkol Pnb Jorry Koloay
Lanjutnya mengatakan, untuk kegiatan ini juga, nantinya dikhususkan dalam pelayanan kesehatan, perbaikan/pengadaan sarana umum, sumber air bersih, penyehatan lingkungan, dan beberapa kegiatan lainnya.
“Latihan ini lagi, akan dilakukan sesuai standar operasional prosedur, dengan melibatkan personil TNI dan sipil dalam penanggulangan bencana,” ungkap Koloay.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangna Bencana Daerah Hoyke Makarawung, mengatakan, bahwa kegiatan ini juga akan melibatkan instansi terkait di Pemprov Sulut, seperti dinas kesehatan, dinas PU, dan beberapa dinas lainnya.
“Kegiatan ini juga nantinya akan dilakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat, perbaikan sarana infrastruktur yang rusak, pengadaan perbaikan sekolah, atau perbaikan puskesmas.
“Untuk kegiatan ini juga, akan datang kapal rumah sakit USNS Mecy,” kata Makarawung. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading