Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemprov Sulut Terus Rampungkan Proses Pemekaran Sejumlah Kecamatan

Tonny Sumakul   |   10 Juli 2012 – 22:25 WITA
humas sedaprov sulut

Dr. Noudi R.P. Tendean, SIP. MSi

MANADO, (manadotoday.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), hingga kini terus merampungkan proses pemekaran sejumlah Kecamatan di beberapa Kabupaten/Kota di daerah ini.

Menurut Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Sulut Dr. Noudy Tendean, SIP. M.Si, pemekaran Kecamatan itu, harus melalui proses yang sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, yang tentunya memerlukan waktu.

“Proses pemekaran sejumlah Kecamatan di daerah ini, terus kami rampungkan. Kami (Pemprov Sulut,red) dan Pemkab/Pemkot, terus berkoordinasi terkait rencana pemekaran Kecamatan tersebut,” ujar Tendean.

Kata dia, tentunya lagi Pemprov Sulut memahami aspirasi masyarakat, untuk mendapatkan pelayanan pembangunan  dan kemasyarakatan secara lebih optimal. Namun, perlu dipahami jika tujuan pemekaran suatu wilayah yakni lebih mendekatkan pelayanan urusan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan kepada masyarakat, guna meningkatkan kapasitas wilayah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu kami menghimbau agar masyarakat khususnya yang berada di wilayah yang sedang berproses pemekaran kecamatan, supaya mempercayakan semua proses pemekaran itu sesuai mekanisme yang berlaku. Masyarakat kami minta untuk bersabar menunggu proses yang sedang berjalan,” harap Tendean, seraya mengatakan Pemprov Sulut dan Pemkab/Pemkot setempat, sama sekali tak bermaksud menghambat atau menahan proses pemekaran Kecamatan itu.

Lanjutnya mengatakan, semua persyaratan, baik administratif maupun persayaratan fisik pemekaran Kecematan, semuanya telah memenuhi ketentuan yang berlaku setelah dilakukan kajian.

“Rekomendasi Gubernur juga untuk pemekaran wilayah telah ditandatangani. Ini segera akan disampaikan kepada pemerintah setempat,” terang Tendean.

Ia menambahkan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan, Pemkab dan DPRD Kabupaten setempat, diminta segera memproses Peraturan Daerah (Perda), tentang Pemekaran tersebut.

“Perda ini nantinya akan melalui proses verifikasi di Pemprov, sebelum diusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri,red) untuk penerbitan Kodefikasi Wilayah, sebelum Kecamatan baru itu diresmikan,” tandasnya.

Diketahui, rekomendasi Gubernur Sulut terkait rencana pemekaran Kecamatan, diantaranya, untuk Calon Kecamatan Dumoga, Dumoga Timur dan Dumoga Tengah yang berada Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dan Calon Kecamatan Mandolang, Tompaso Barat, dan Tombariri Timur yang ketiganya dari Kabupaten Minahasa. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading