Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemprov Sulut Tinjau Lokasi Rencana Pemekaran Tiga Kecamatan di Bolmong

Tonny Sumakul   |   6 Juni 2012 – 16:14 WITA

BOLMONG, (manadotoday.com) – Tim Koordinasi Pembentukan Kecamatan (TKPK) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), dibawa pimpinan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Mecky M Onibala, MSi, melakukan peninjauan ke tiga lokasi rencana pemekaran Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondou.

Pemprov Sulut Tinjau Lokasi Rencana Pemekaran Tiga Kecamatan di Bolmong

TKPK Pemprov Sulut saat menemui Bupati Bolmong

Tiga Kecamatan yang rencana dimekarkan, yakni calon Kecamatan Dumoga dari Kecamatan Dumoga Timur, calon Kecamatan Dumoga Tenggara dari Kecamatan Dumoga Utara, dan calon Kecamatan Dumoga Tengah dari Kecamatan Dumoga Barat.

Pada kesempatan itu, Onibala mengatakan bahwa ketiga calon Kecamatan itu, secara teknis dan fisik kewilayahan, telah memenuhi syarat dimekarkan. Namun, khusus untuk syarat administrative, masih memiliki kekurangan diantaranya, peta wilayah dengan batas yang jelas serta titik koordinat antar daerah berbatasan, dan dokumen hibah tanah atau bangunan, untuk dijadikan kantor Kecamatan.

“Untuk itu diharapkan agar Pemkab Bolmong, secepatnya melengkapi persyaratan administrasi tersebut. Kalau bisa, minggu depan sudah dimasukan ke Pemprov,” kata Onibala.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy Tendean, mengatakan, dalam menghadapi persiapan pemekaran Kecamatan, diperlukan juga komitmen dari seluruh Desa, yang masuk pemekaran.

“Contohnya untuk penentuan ibu kota Kecamatan, jangan terjadi saling tarik menarik. Selain itu, batas masing-masing Kecamatan pemekaran, harus jelas dengan melibatkan Kecamatan/Desa sekitar, untuk penentuan titik koordinat. Ini agar dikemudian hari tak terjadi konflik batas wilayah lagi,” tandas Tendean.

Ia menambahkan, prinsipnya Pemprov Sulut tetap mendukung usul pemekaran Kecamatan, yang diusulkan Pemkab dan Pemkot. Namun, tentunya harus sesuai aturan perundang-undangan yang, diantaranya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor. 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan.

Diketahui, pada peninjauan lokasi rencana pemekaran, selain Onibala dan Tendean, TKPK Pemprov juga didampingi Kabag Pemerintahan Drs Lucky Taju, MSi, Kasubag Otda Danny Tamara, STTP  MSi, Kasubag Penyusunan Perda Johan Pontoh SH, dan Kasubag Penerangan dan Publikasi AY Rambing, S.Sos.

Tim TKPK Pemprov Sulut, diterima juga Bupati Bolmong Salihi Mokodongan, Ass II Pemkab Bolmong Jack Mokoginta, dan Kabag pemerintahan Bolmong Jemmy Sako SH, dan Presidium Pemekaran tiga Kecamatan di Dumoga, diantaranya mantan anggota Dewan Bolmong Drs. Piet N Kemur, Sainal Mokoagow, Jek Sahanggamu, Samuji, Wayan Tapusa dan Max Tuuk.  (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading