Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Pemprov Sulut Wacanakan Pelantikan Sekda Dilakukan Langsung Gubernur

Tonny Sumakul   |   24 Oktober 2011 – 09:38 WITA
Sekprov sulut

Ir. Siswa Mokodongan

Manadotoday.com, Manado – Guna meningkatkan hubungan antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah di Kabupaten/Kota di Sulut, pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) di daerah, diwacanakan akan dilakukan langsung Gubernur.

“Kami melakukan evaluasi, dimana pelantikan Sekda di daerah, kedepan dilakukan langsung Gubernur,” ujar Sekprov Sulut, Ir. Siswa Rachmat Mokodongan.

Menurutnya, menjadi penilaian, jika Sekda di daerah dilantik langsung Gubernur, kemungkinan besar hubungan sinegritas antara Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemprov, akan lebih baik lagi.

“Di Indonesia, Jawa Timur (Jatim,red) yang telah menerapkan hal demikian. Di daerah tersebut, sangat baik hubungan antara Pemprov dan Pemkab/Kota-nya. Itu yang akan kami (pemprov Sulut,red) tiru,” kata Mokodongan,

Ia menambahkan, selama ini memang Surat Keputusan (SK) untuk Sekda di daerah, dikeluarkan Gubernur atas persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), namun untuk pelantikan dilakukan oleh masing-masing Bupati/Walikotanya.

Diketahui, wacana ini juga dilakukan, melihat tingkat koordinasi Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulut, yang belum optimal. Dimana, banyak kebijakan yang diambil pemerintah Kabupaten/Kota, banyak yang tak melakukan koordinasi dengan Gubernur, padahal telah tertera pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor. 19 tahun 2010 tentang Gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading