Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Hukum dan Kriminal

Kuasa Hukum: Penahanan Elly Engelbert Lasut Tidak Sah!!!

Redaksi Manado Today   |   9 Agustus 2010 – 13:59 WITA

Manado Today - Dalam sidang praperadilan Elly Engelbet Lasut (E2L) terhadap pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut yang digelar pengadilan negeri (PN) Manado pagi ini, kuasa hukum E2L membacakan gugatannya.Inti gugatan ini bahwa penahanan yang dilakukan pihak Kejati tidak sah karena melanggar petunjuk teknis kejaksaan, undang-undang pemerintahan daerah dan international covenant on civil and political rights (ICCPR).
Karena menurut surat edaran nomor : B-217/F/Fd.1/02/2009 tertanggal 2 February 2009 bahwa dalam upaya mencapai tujuannya, pencalonan pihak/unsur partai politik untuk menjadi presiden, wapres, anggota DPD, DPR, DPRD I, DPRD II sangat sarat dengan kepentingan-kepentingan dan ditengarai ada pihak-pihak tertentu yang menggunakan isu tindak pidana korupsi untuk merusak pencitraan dan menggagalkan pencalonan dengan melaporkan oknum tersebut ke aparat penegak hukum.
Serta berdasarkan pasal 80 undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah menyatakan pejabat negara, pejabat struktural dan fungsional dilarang membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye.
“Berdasarkan pasal 1 angka (1) undang-undang nomor 16 tahun 2004 tentang kejaksaan menyatakan jaksa adalah pejabat fungsional,” tutur Jonky Mailuhuw SH. Intinya kuasa hukumnya meminta agar hakim menyatakan penahanan nomor : PRINT-362/R.1/Ft.1/07/2010 tertanggal 20 juli tidak sah dan memerintahkan agar E2L segera dikeluarkan dari tahanan dan mengembalikan atau memulihkan hak, kedudukan, harkat, martabat serta nama baiknya.
Hakim Aris Bokko SH menunda sidang ini besok dengan agenda jawaban dari pihak termohon yaitu Kejati sulut. (rafly)
Sent from BlackBerry® on 3

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading