Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Penambang Kaki Lokon Diduga Rambah Hutan Lindung

Ardi Kalumata   |   25 November 2011 – 15:16 WITA
Gunung Lokon

Penambang material di kaki Gunung Lokon dikabarkan mulai rambah hutan lindung

Tomohon, MTC – Penambang material batu di kaki Gunung Lokon dikabarkan mulai rambah hutan lindung. Padahal, lokasi tersebut sama sekali tak boleh ada kegiatan.
Kepada manadotoday, sejumlah warga mengatakan, mereka melihat ada penambang yang sudah mulai memasuki kawasan hutan lindung untuk menggali batu.
‘’Kami melihat sejumlah penambang telah memasuki hutan lindung. Untuk itu, kami meminta kepada instansi teknis dalam hal ini Dinas Pertambangan dan Energi untuk melakukan pengecekan atau peninjauan lapangan,’’ ungkap Johny dan Raymond.
Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kota Tomohon Andrikus Wuwung SSos ketika dikonfirmasi masalah ini mengatakan, pihaknya belum tahu jika ada informasi seperti itu. Namun menurutnya, ia akan menurunkan tim untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.
‘’Yang pasti, hutan lindung tak boleh dirambah. Jika dirambah akan dikenakan sanksi tegas sesuai aturan,’’ tandasnya.
Di sisi lain, Wuwung mengatakan bahwa saat ini ada tiga perusahaan yang memiliki AMP pembuatan aspal untuk jalan di sana. ‘’Perusahaan-perusahaan tersebut hanya membuat aspal. Sementara bahan baku batu mereka peroleh dari penambang maupun perusahaan yang memiliki izin penggalian di sana,’’ katanya.
Mantan Kadis Tarumansa ini meminta kepada masyarakat penambang agar tidak melakukan penambangan di areal hutan lindung, karena itu sama sekali dilarang. ‘’Kalau hutan lidung sudah dirambah, bahaya banjir akan mengincar masyarakat terutama yang bermukim di sekitar kaki Gunung Lokon. Selain itu, persediaan air akan semakin berkurang,’’ tukas Wuwung. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading