Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Penanaman Tomat Terus Digenjot Pemkot Bitung

Redaksi Manado Today   |   19 Maret 2011 – 06:47 WITA

Manado Today – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) mendorong penanaman tanaman tomat dengan melibatkan kelompok tani, dalam upaya dukungan program menyentuh tanah yang merupakan antisipasi ancaman krisis pangan.

“Pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kelompok tani Melati Kelurahan Danuwudu, Kecamatan Ranowulu yang terus mengembangkan tanaman tomat guna meningkatkan pendapatan petani,” kata Wakil Wali Kota Bitung, Maximilian J Lomban.

Panen tomat pada areal seluas satu hektare ini, kata Lomban, akan membantu ketersediaan stok tomat di Kota Bitung, selain itu menambah pendapatan pada petani menjadi lebih beragam dalam upaya mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat diharapkan.

Lomban berharap momentum panen tomat ini menjadi motivasi bagi masyarakat Bitunguntuk terus berupaya memanfaatkan berbagai potensi yang ada seiring dengan program sentuh tanah yang diprakarsai oleh Gubernur Sulut, Sinyo H Sarundajang.

Selain panen tomat, kata Lomban, dalam waktu dekat akan dilakukan panen daun Nilem, yang menjadi bahan perekat parfum, di kelurahan Danowudu dibawa kelolaan kelompok tani binaan BP4K dan Dinas Agribisnis dan Kehutanan (Agrihut) Kota Bitung.

Kelurahan Danowudu merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Ranowulu yang dikenal sebagai wilayah sentra pertanian dan perkebunan di Kota Bitung.

Didukung sumber daya alam seperti ketersediaan air memadai, dan dukungan sumber daya manusia memadai, maka kecamatan ini menjadi daerah percontohan sekaligus andalan pengembangan pertanian dan perkebunan di Kota Bitung. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading