Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Penanganan Bunga untuk ToF Diminta tak Diserahkan ke Pihak Ketiga

Ardi Kalumata   |   21 November 2011 – 20:19 WITA

floatTomohon, MTC – Aktifis Kota Bunga Tomohon Tonnie Pandeirot meminta kepada Pemkot Tomohon atau instansi yang menangani bunga yang akan digunakan pada Tournament of Flower (ToF) tahun 2012 agar tidak menyerahkan penanganannya kepada pihak ketiga seperti yang terjadi waktu lalu.
Sebab menurut Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tomohon ini, ketika diserahkan ke pihak ketiga, amburadul. ‘’Kita lihat apa yang terjadi pada ToF tahun 2010 lalu. Persediaan bunga sangat kurang. Kiranya ini menjadi pelajaran berharga bagi Pemkot Tomohon dalam menggelar iven internasional seperti itu,’’ tandas Pandeirot.
Menanggapi masalah ini, Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kota Tomohon Jemmy Matindas SP mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi untuk pengadaan bunga pada pelaksanaan ToF tahun 2012 mendatang.
‘’Kami telah menyiapkan sejumlah Kelompok Tani untuk menanam bunga yang akan digunakan pada ToF nanti dengan memperhatikan masa tanam. Kami sudah jadwalkan penanaman bunga yang akan digunakan. Yang pasti, ada yang akan ditanam terlebih dahulu mengingat waktu panen bunga-bunga tersebut tidak sama,’’ jelas Matindas kepada manadotoday.
Untuk persediaan bunga lanjutnya, ada yang akan dipanen sebelum hari H dan ada pula yang akan dipanen setelah hari H. Ini untuk menjaga error yang mungkin terjadi. Namun menurutnya, yang akan dipanen sebelum maupun sesudah ToF hanya sedikit.
‘’Memang harus begitu system penanamannya,’’ tukasnya.
Ditambahkannya, penanaman yang akan dilakukan diharapkan akan pas, dalam arti tidak kurang atau tidak lebih. Kalau kurang kemungkinannya sangat kecil. Sementara kalau lebih, tidak banyak.
‘’Kita sudah punya pengalaman waktu lalu. Pertama, stok bunga kelebihan sehingga dibuatlah Karpet Bunga. Kemudian,tahun 2010 lalu stok kurang. Dari dua pengalaman itulah diharapkan tahun 2012 nanti tidak akan kelebihan atau kekurangan lagi,’’ kunci Matindas. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading