Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Penanganan Pembalakan Liar di Kabupaten Gorontalo Utara Lemah

Staff Manado Today   |   28 Juni 2011 – 20:03 WITA

Gorontalo Today – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) DPRD Kabupaten Gorontalo Utara Samsu Tanaiyo mengkritik kinerja pemerintah daerah khususnya memberantas ilegal logging atau pembalakan liar di tersebut. Tanaiyo menilai, penanganan pembalakan liar ini masih sangat lemah.

Samsu Tanaiyo menginformasikan, puluhan kubik kayu setiap hari diangkut di daerah tersebut ini, dengan sistem pengangkutan yang cerdik, yaitu kayu yang ditarik dari kawasan hutan, dan diangkut ke tempat-tempat pengolahannya atau sawmill dengan menggunakan becak motor (bentor).

Menurutnya, pengangkutan kayu menggunakan bentor oleh pengusaha Sawmill acap kali tidak terpantau pemerintah terkait. “Kondisi ini sangat menyedihkan, pembalakan liar tidak dibarengi dengan upaya konservasi alam,” Kata Samsu Tanaiyo, baru-baru ini.

Dengan tegas Samsu Tanaiyo meminta pemerintah untuk segera menyeriusi ilegal logging. Apalagi beberapa wilayah di Kabupaten itu, pernah mengalami gagal panen, yang disebabkan banjir bandang. Banjir bandang terjadi akibat semakin gundulnya hutan di Gorontalo utara.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan, instansi teknis terkait jangan menjadikan minimnya anggaran operasional, sehingga penertiban kegiatan pembalakan tak pernah serius dilakukan. “Penanganan ilegal logging harus dibarengi dengan upaya selektif dalam mengeluarkan ijin pengolahan kayu pada para pengusaha kayu di daerah tersebut,” katanya. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading