Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Penanganan Sampah Mulai Terabaikan

Redaksi Manado Today   |   21 Agustus 2010 – 13:32 WITA

Manado Today – Sungguh ironi,  Kota Manado yang sudah empat kali berturut-turut meraih penghargaan Adipura, namun penanganan sampah seakan mulai diabaikan. Bahkan dari pantauan manadotoday Sabtu (21/08/2010) hingga pukul 10.00 WITA tumpukan sampah di sebagian besar wilayah di Manado belum sempat terangkat. Seperti halnya yang ada di bilangan jalan Bahu, jalan Wakeke dan Pasar Karombasan.

Pelak saja, persoalan penanganan sampah ini menjadi keluhan di kalangan masyarakat. Padahal ke depan untuk meraih penghargaan Adipura Kota Manado harus ekstra lebih keras lagi.

Pasalnya tahun depan Manado akan membidik Adipura kencana. Namun untuk meraih penghargaan tersebut tidaklah muda, apalagi standar penilaian dari pemerintah pusat yang membidangi lingkungan harus memenuhi berbagai kriteria termasuk di dalamnya kebesihan kota dan penanganan sampah.

“ Persoalan sampah memang tidak akan habisnya, mengingat setiap hari itu ada dan terus bertambah. Jadi kami meminta pemerintah lebih memperhatikan termasuk menambah jumlah armada dan buru sampah serta tukang penyapu jalan. Terkait armada yang tidak lagi berfungsi atau dirasak di kelurahan bahu hendaknya dipertahtikan, “ ujar Nico Wongkar warga kelurahan Bahu.
Senada dikatakan Tole Tuela warga kelurahan Titiwungan Timur, mengeluhkan lambatnya pengangkatan sampah di wilayahnya. Dimana sudah beberapa hari terakhir pukul 11.00 WITA sampah belum juga diangkat.

“Jangan nanti mendekati penilaian baru pemerintah bergerak untuk melihat keberadaan penanganan sampah di Kota Manado. Sosialisasi terhdap penanganan sampah seakan tidak lagi digaungkan akhir-akhir ini, “ ujar Tuela. Sayangnya, Kadis Kebersihan Didi Salendu belum bisa dikonfirmasi.(mlz)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading