Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Tenggara

Pencemaran Udara di Pangu Lewati Ambang Batas

Staff Manado Today   |   7 Juli 2011 – 21:09 WITA
Lily Mawati

Kadis Kesehatan Mitra dr. Lily Mawati

Ratahan Today – Abu vulkanik letusan Gunung Soputan ternyata telah mencemari udara yang ada di Kabupaten Mitra, lebih khususnya di Desa Pangu Raya, yang telah melewati ambang batas normal.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra dr Lily Mawati, berdasarkan hasil penelitian dari Balai Kesehatan Lingkungan Provinsi Sulut, telah terjadi pencemaran udara di Desa Pangu Raya, yang mencapai angka 777, lebih tinggi dari Desa Noongan, Kampung Belanda (Kabel) Minahasa yang mencapai angka 635.

“Data dari Balai Kesehatan Lingkungan Provinsi Sulut, Desa Pangu Raya telah melebihi ambang batas normal dan telah positif tercemar udaranya. Ini lebih tinggi dari Desa Noongan, ”ungkap Mawati.

desa pangu raya

Debu matrial Vulkanik Gunung Soputan yang menerpa sebagian besar rumah di desa Pangu Raya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Mawati kembali mengimbau dan meminta masyarakat Mitra dan lebih khusus lagi masyarakat Desa Pangu Raya, agar terus menggunakan masker yang telah dibagikan untuk menghindari penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang rentan terjadi pada situasi seperti sekarang ini.

“Kami imbau kembali kepada masyarakat agar terus menggunakan masker yang telah dibagikan, terlebih juga kepada para ibu hamil, bayi, dan balita, agar tidak keluar rumah jika tidak ada aktifitas penting diluar rumah, sebab dampaknya sangat besar bagi kesehatan sendiri,” tandas mawati, sembari menambahkan kalau pihaknya juga masih akan meminta bantuan masker ke Pemerintah Pusat. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading