Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Pencurian Buah Cengkih Mulai Marak di Minahasa Tenggara

David Masengi   |   10 Juli 2012 – 08:54 WITA

RATAHAN, (manadotoday.com) –Para petani cengkih di Kabupaten Minahasa Tenggara saat ini dirundung rasa was-was. Bukan karena harga terus melorot setiap pekan, namun karena kawatir buah cengkihnya dicuri.

Pasalnya belakangan ini di Kecamatan Pasan Mitra sering terjadi aksi  pencurian yang dilakukan oleh Mr X atau orang yang
identitasnya. Tak tanggung-tanggung aksi yang dilakukan Mr X ini tergolong nekat dan langsung masuk ke rumah-rumah penduduk selanjutnya mencuri buah cengkih hasil panen yang disimpan pemilik. Salah satu korban Yanuk Monareh (40-an)  warga Desa Towuntu Timur Kecamatan Pasan, yang  mengaku sebagai korban pencurian buah cengkih.

Menurutnya para pencuri yang identitasnya belum diketahui itu masuk kerumah disaat pemilik sedang terlelap pada malam hari atau saat beristirahat. Bukan hanya malam hari aksi pencurian ini kerap terjadi pada siang hari saat pemilik sedang
pergi ke kebun. Selain mencuri cengkih yang sudah kering para pencuri ini juga tidak segan-segan mencuri cengkih yang masih mentah.

”Terus terang warga sudah resah dengan aksi pencurian cengkih,” ujarnya.

Akibatnya kata Monareh, ia harus kehilangan sekitar 100 kilogram.

”Padahal hasil panen cengkih itu rencananya untuk persiapan anak masuk sekolah dan persiapan untuk pengucapan
syukur,” tandasnya.

Terpisah, Sekretaris KNPI Mitra Robby Lumbu meminta kepada pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Ratahan untuk melakukan patroli untuk meminimalisir aksi pencurian.

“Kami minta pihak kepolisian untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya pemilik
cengkih, dengan rutin melakukan patroli,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Ratahan Kompol Al Abdi Iryanto Geruh, belum bisa ditemui, dihubungi viatelepon selulernya awalnya tersambung, namun kemudian sudah tidak aktif lagi .(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading