Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pendatang Baru, Manado Langsung Raih Peringkat Dua

Aldi Mawitjere   |   29 Maret 2012 – 23:05 WITA

Penilaian Adipura Kategori Kota Besar
MANADO, (manadotoday.com) – Meski Kota Manado adalah pendatang baru penilaian adipura kota besar, namun langsung diperhitungkan. Betapa tidak ? ketika ekspose hasil penilaian tahap I (P1), Kamis (29/3/2012) dibeberkan oleh kementrian lingkungan hidup dengan nilai rata-rata spot, Kota Manado menembus angka 71,52 dan menempati urutan kedua setalah kota Malang.
“Meski ini masih P1 namun hal ini sunggu luar biasa. Karena kota Manado baru masuk dalam penilaian adipura kategori kota besar. Bahkan tak tanggung-tanggung langsung langsung menjadi urutan kedua dari 14 kota yang dinilai,”terang Bidang Pengelolaan Sampah kementrian lingkungan hidup Ujang Solimin.
Alhasil, kerja keras Pemkot dan masyarakat kota Manado mempertahankan dan mengawal kebersihan untuk mempertahankan piala Adipura, akhirnya berbuah manis.
Ditegaskannya, sepanjang penilaian dari tim Adipura yang turun dilapangan, pihaknya tidak pernah sampaikan atau informasikan ke pihak manapun, karena menjaga agar penilaian benar-benar murni sesuai apa yang didapat dilapangan.
“Ada 16 sektor yang dinilai antara lain, kompos, bak sampah, efisiensi energy, TPA, sekolah, perumahan dan infrstruktur. 16 sektor yang dicermati, pastinya tiap sektor ada bobot nilai. Pasar contohnya, memiliki nilai tertinggi termasuk pemukiman dan jalan,”terang Solimin.
Lanjutnya, nah dari 14 kota besar yang dicermati, ternyata kota Manado memiliki nilai rata-rata baik. “Kami selaion pertahankan kondisi ini, sebelum memasuki P2 kelemahan lain yang perlu ditambah bisa di tingkatkan karena Manado juga berpeluang mendapatkan Adipura Kencana jika P2 nanti poinnya tertinggi dari kota lainnya,”tambahnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading