Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pendidikan dan Sosial Prioritas APBD-P Kota Bitung

Staff Manado Today   |   4 Agustus 2011 – 11:56 WITA

Bitung Today – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bitung, Sulawesi Utara, memprioritaskan pembahasan anggaran pendidikan dan sosial pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2011.

Wakil Ketua DPRD Bitung, Maurits Mantiri, di Bitung, Rabu mengatakan, pihaknya lebih menfokuskan anggaran pendidikan dan sosial dalam APBD Perubahan karena hal tersebut lebih menyentuh masyarakat.

“Selain memperhatikan paket pembangunan di Kota Bitung, kami melihat masalah pendidikan dan sosial menjadi tolak ukur bagi masyarakat daerah ini,” ujar Mantiri.

Mantiri menjelaskan, berdasarkan hasil reses DPRD Bitung melalui komisi yang ada, kedua unsur strategis itu lebih banyak dikeluhkan masyarakat.

“Pendidikan harus lebih terarah pada proses belajar mengajar secara konten serta kualitas pendidikan lebih dibenahi, bahkan masyarakat tidak mampu akan semakin diperhatikan bukan dibebani,” ujarnya.

Demikan pula untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), kata Mantiri, ada paket di dalamnya sesuai peraturan menteri yang mengharuskan adanya dana shering dari daerah sebanyak 30 persen.

“Dana itu tentunya untuk masyarakat sekitar sekolah yang memiliki anak berkemampuan intelektual tapi minim finansial, sehingga harus diprioritaskan,” kata Mantiri.

Disamping itu pula, kebutuhan sosial menjadi aspek strategis untuk lebih dikembangkan, agar kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat akan semakin baik.

“Bukan tidak mungkin ketika masalah sosial ini diperhatikan, akan memberikan dampak positif bagi daerah,” kata Mantiri.

Mantiri pun tak mengesampingkan berbagai usulan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah kota Bitung, pada dana penyesuaian APBD Perubahan tahun 2011, dimana akan dilihat mana yang lebih membutuhkan.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading