Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Penerapan Disiplin PNS Mitra Tak Maksimal

Staff Manado Today   |   1 November 2011 – 20:25 WITA

Pejabat Seharusnya Menjadi Contoh

Ratahan, MTC – Penerapan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2010, rupanya belum maksimal. Pasalnya, masih banyak PNS yang tidak menjalankan aturan tersebut. Untuk itu, peran dari pejabat dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sangat dibutuhkan untuk menjadi contoh teladan.

Dari pantauan manadotoday, masih banyak PNS di jajaran Pemkab Mitra yang tidak disiplin lagi. Dimana masih banyak yang mengabaikan jam masuk kantor, begitu juga pada jam istirahat banyak yang langsung pulang dan tidak kembali ke kantor menjalankan tugasnya sebagai PNS, apalagi kalau pada hari Jumat. Jelas ini sangat disayangkan karena sangat berdampak pada pelayanan kepada masyarakat yang terabaikan.

“Ini harus ada tindakan tegas dari Ibu Bupati Telly Tjanggulung (T2), karena ini akan merusak citra kepemimpinan Ibu Bupati sendiri,” tandas Ketua LSM Gerakan Membangun (GEMA) Mitra Vidy Ngantung.

Lebih lanjut Ngantung menuturkan, peran serta dari pejabat serta Kepala SKPD sangat penting disini. Namun sayangnya juga, masih banyak pejabat dan Kepala SKPD yang memberikan contoh yang buruk bagi bawahannya, karena mereka sendiri yang banyak melanggar aturan.

“Bukannya menjadi contoh yang baik, malah sebaliknya. Dan informasinya masih banyak pejabat dan Kepala SKPD yang melanggar disiplin, baik itu datang terlambat, pulang cepat, bahkan komitmen untuk menetap tingal di Mitra, masih saja diabaikan, karena ada yang tinggal di luar Mitra,” kata Ngantung.

Sebelumnya, Kaban BKDD Mitra Phebe Punuindoong SH, ketika dikonfirmasi wartawan, terkait hal ini, tidak menampiknya. Dan menurutnya penerapan disiplin jika ingin efisien, harus dimulai dari atasan. “Jika kepala SKPD, menunjukan akan disiplin yang baik, otomatis untuk pegawainya akan mengikuti atasannya,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, pihaknya bukan tidak bisa menjalankan fungsi disiplin untuk pegawai, apalagi himbauan untuk itu telah dilakukan, dimana telah dicanangkan bulan Agustus sebagai bulan disiplin, ditambah lagi telah digelar sidak dan sweeping, namun ternyata tidak mendapat perhatian serius dari PNS.

“Kami akan mencoba cara lain untuk peningkatan disiplin pegawai, dengan melakukan koordinasi bersama Kepala SKPD. Dan nantinya mereka sendiri yang menegur akan pegawainya yang tak disiplin,” kata Punuindoong. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading