Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Penerimaan CPNS, Jangan Hanya Sekadar Memberi Peluang Kerja

Staff Manado Today   |   9 April 2011 – 15:44 WITA

Manado – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) mengusulkan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2011 harus sesuai dengan kebutuhan daerah itu dan bukan sekadar memberi peluang kerja masyarakat.

“Kalau ada formasi benar-benar dibutuhkan, maka harus menjadi prioritas, sehingga benar-benar tepat sasaran dan efektifitas menunjang pelayanan pemerintahan,” kata Anggota DPRD Sulut, Lexi Solang, di Manado, Sabtu siang.

Ia mencontohkan, penerimaan CPNS sebaiknya diarahkan kepada tenaga polisi kehutanan di daerah itu karena hingga saat ini jumlah mereka relatif sangat minim.

Bila jumlah mereka memadai, katanya, akan mampu melakukan fungsi dan tugas pengawasan di lapangan secara optimal.

Ia juga menyatakan pentingnya penempatan tenaga PNS profesional di daerah perbatasan dan daerah kepulauan seperti guru, perawat, dan doktar. “Sering kali banyak pengangkatan CPNS di Pemprov Sulut, kabupaten dan kota soal formasi yang sudah banyak tenaganya. Sehingga efektifitas penyelenggaraan pemerintahan tidak berimbang antarlintas sektor,” katanya.

Pengurus Gerakan Peduli Rakyat Sulut (GPRS), Taufik Tumbelaka, juga mengusulkan pentingnya penerimaan CPNS 2011 memperhatikan berbagai aspek termasuk keuangan daerah.

Penerimaan CPNS, katanya, jangan terlalu membebani pemerintah setempat. “Kalau bisa penerimaan CPNS tahun 2011 yang penting-penting saja. Tidak perlu banyak-banyak sehingga terjadi penumpukan jumlah PNS di beberapa instansi,” katanya.

Pemprov Sulut telah mengusulkan kepada pemerintah pusat tentang 287 formasi CPNS 2011 untuk daerah itu yang terdiri atas tenaga teknis sebanyak 223 formasi, kesehatan (50), dan olah raga atau atlet berprestasi (14). Tenaga teknis meliputi polisi pamong praja sebanyak 50 formasi, polisi hutan sebanyak 25 formasi, dan sisanya formasi teknis lainnya. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading