Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Penetapan Batas Wilayah Minsel-Mitra Dipertanyakan Warga Minahasa Selatan

David Masengi   |   25 Februari 2012 – 19:38 WITA

Amurang, (manadotoday.com) -Menyusul diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri(Permendagri) Nomor 60 Tahun 2011 tertanggal 30 November2011, terkait penetapan batas wilayah Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, dipertanyakan warga. Pasalnya ditetapkannya batas wilayah Minsel-Mitra di Desa Ranoketang Tua Kecamatan Amurang, diduga direkayasa. Bahkan warga menilai Mendagri tidak cermat karena secara sepihak dalam menetapkan batas wilayah ini.
Hal ini diungkapkan oleh tokoh masyarakat Minse Arnold Jacob, yang mengaku tahu persis batas wilayah kedua daerah ini. Dia menyebut, bahwa terbitnya Permendagri No. 60 tahun 2011 tentang batas wilayah Minsel-Mitra di Desa Ranoketang Tua adalah sebuah kekeliruan.
“Masakan, Minahasa Tenggara yang adalah daerah pemekaran dari Minahasa Selatan, langsung mengusulkan batas wilayahnya di Desa Ranoketang Tua Kecamatan Amurang. Padahal seingat saya, batas wilayah antara Desa Ranoketang Tua Amurang dan Lobu (Tombatu) sekarang Touluaan berada di gunung potong,” ujar Jacob saat menghubungi manadotoday Sabtu (25/2/2012) siang tadi.
Ia menduga saat pengusulan data wilayah ke Mendagri terkait penetapan batas wilayah tidak melibatkan Pemkab Minsel.
Senada dikatakan Bey Pelealu, mantan Sekretaris Kelurahan Buyungon, menyebutkan bahwa Permendagri No. 60 tahun 2011 soal batas wilayah Minsel-Mitra illegal.
“Sepengetahuan saya pertengahan tahun 2010 sewaktu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Sonny Tandayu (Sekarang Wakil Bupati Minsel) sempat mengunjungi gunung potong. Artinya, sejauh peninjauan diatas hingga sekarang belum ada tindak lanjut penyelesaian,” tandas Pelealu yang mengaku tahu persis soal batas wilayah Minsel Mitra yang berada di Desa Ranoketang Tua dan Desa Lobu.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading