Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Penetapan RTRW Bitung 2011-2031 Masih Kabur

Ardi Kalumata   |   24 Februari 2012 – 10:43 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Meskipun telah dilakukan beberapa kali pembahasan antara pihak eksekutif dan Pansus RTRW DPRD Kota Bitung, serta Pansus RTRW sudah melakukan kunjungan di beberapa daerah yang RTRW-nya sudah selesai dibahas, namun penetapan Ranperda RTRW ditetapkan sebagai Perda hingga kini belum jelas.
”Masih banyak hal yang perlu di koreksi, karena sejumlah point yang tertera pada Ranperda RTRW belum jelas peruntukannya,” kata Ketua Pansus RTRW Bitung 2011-2031 Victor Tatanude.
Tatanude mencontohkan, wilayah Perikanan tangkap dan wilayah budidaya Perikanan pada kawasan Minapolitan dinilai terjadi tumpang tindih seperti halnya di selat Lembeh, Kasawari, Makawidey dan Tandurusa.
”Di wilayah ini ada ada budidaya mutiara yang merupakan penanaman modal asing (PMA) juga merupakan wilayah penangkapan ikan para nelayan pajeko. Ini harus diperjelas agar tidak akan menimbulkan konflik dari Nelayan,” tegasnya.
Begitupun di Kecamatan Ranowulu, yang dicantumkan budidaya Perikanan padahal di kawasan tersebut merupakan laut lepas karena arus dan gelombang yang kuat. Sama halnya dengan di Kecamatan Matuari seperti Tanjung merah dan Manembo-nembo yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus tidak masuk dalam wilayah perikanan tangkap.
”Pada dasarnya sebelum Ranperda RTRW ditetapkan jadi Perda harus di cermati dan dikaji dulu secara saksama, agar semua kepentingan masyarakat terakomodir dan tidak menimbulkan konflik di kemudian hari, ” pungkas politisi PDI P ini. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading