Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pengadilan Perikanan Bitung Kurang Dioptimalkan

Aldy Monareh   |   12 November 2011 – 10:41 WITA

Bitung, MTC – Pengadilan Perikanan Negeri Bitung, yang berfungsi sebagai tempat dilakukan sidang perkara kasus Illegal Fishing tidak dimanfaatkan secara optimal, hal ini dikarenakan banyak kasus illegal fishing yang tidak disidang di Pengadilan tersebut.
Hal ini diungkapkan oleh Earents Ulaen, salah satu hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Bitung.
”Pengadilan Perikanan Bitung seolah tidak dimanfaatkan padahal ada lima hakim yang ditugaskan di Pengadilan Perikanan Negeri Bitung ini,” tandas Ulaen.
Hal ini didasari, dari sekian kasus Illegal fishing yang ditangkap pihak keamanan laut, justru sebagian besar kasus hanya diselesaikan di Tahuna atau di Ternate dengan alasan dekat dengan fishing ground (daerah penangkapan Ikan).
”Saat ini dari sekian kasus baru empat yang diselesaikan di Pengadilan Perikanan Bitung,” kata Ulaen sembari berharap kedepan kasus illegal fishing akan di proses di Pengadilan Perikanan Negeri Bitung, sehingga Pengadilan Perikanan Negeri Bitung benar-benar dimaksimalkan, sehingga terkesan tidak mubazir keberadaanya.
Menyikapi hal ini, salah satu pemerhati hukum Bitung Jacky Ticoalu menyampaikan di era keterbukaan ini setiap kasus atau permasalahan butuh pertanggung jawaban pihak terkait.
”Kedepan harus ada kepastian system aturan yang diberlakukan terkait penanaganan illegal fishing, sehingga tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Juridis maksimal dilakukan para penegak hukum,” terang Ketua BCW Bitung ini. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading