Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Selatan

Pengambilan Ijazah Paket C di Minahasa Selatan Diduga Sarat Pungli

David Masengi   |   7 Maret 2012 – 21:17 WITA

Amurang, (manadotoday.com) – Pengambilan ijazah paket C di Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minahasa Selatan (Minsel) sarat pungutan liar (pungli). Bahkan tak tanggung-tanggung pungutan yang dibebankan bagi orang tua siswa mencapai jutaan rupiah.
Dugaan pungli ini sendiri terungkap ketika salah satu orang tua siswa asal Kecamatan Tumpaan mengakui bahwa untuk pengambilan ijazah Paket C di Dikpora Minsel harus disertai setoran sejumlah uang yang mencapai jutaan rupiah.
”Ijazah bisa diambil bisa diambil apabila kami sudah memberikan uang sebesar satu juta rupiah,” keluh salah satu orang tua murid kepada manadotoday Rabu (7/3/2012) siang tadi sambil meminta namanya tidak dipublikasikan.
Menariknya, kata Ortu ini, karena dirinya belum melunasi ijazah Paket C anaknya, oknum pegawai di Dikpora, yang justru tidak segan-segan mendatangi rumahnya untuk melakukan penagihan.
”Memang ijazah yang saya ambil belum juga lunas, karena sewaktu mengambil uang saya tidak cukup. Dan beberapa hari kemudian Oknum pegawai itu mengutus istrinya datang ke rumah untuk menagih sisa uang untuk membayar ijazah Paket C,” beber sumber.
Sementara itu Kepala Dikpora Minsel Drs Jan Rattu MPd saat dikonfirmasi, merasa terkejut dengan kejadian tersebut.Iapun mengaku bahwa pihaknya tidak pernah menginstruksikan dilakukan pungutan terhadap Ijazah Paket C ini.
”Saya tegaskan tidak ada pungutan pada pengambilan ijazah Paket C,” ujarnya, sembari meminta kepada semua orang tua murid yang menjadi korban pungli itu untuk segera menghadap dan melaporkan kejadian tersebut.
”Saya janji jika ada oknum pegawai yang terbukti terlibat lakukan pungli pada pengambilan ijazah Paket C itu akan ditindak tegas,” pungkasnya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading