Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Tenggara

Pengembalian Hutan Mimporok Butuh 10 Tahun

Staff Manado Today   |   6 Juli 2011 – 14:37 WITA
Hutan Manimporok

Kondisi Hutan Manimporok Sekarang

Ratahan Today – Pengembalian ekosistem Hutan Lindung Manimporok yang rusak akibat debu letusan Gunung Soputan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 10 tahun.

Pasalnya kerusakan yang diakibatkan oleh semburan debu vulkanik Soputan banyak membunuh tanaman bertahun yang hidup di lahan Hutan Lindung Manimporok.

Terpantau, kawasan tersebut bukan lagi berwarna hijau melainkan telah berwarna coklat, lantaran masih ada abu vulkanik yang bertahan di daun pohon.

Yang lebih memiriskan yaitu banyak pohon yang tumbang. Takutnya ke depan, jika masuk musim penghujan, bencana longsor tak bisa dibendung dengan rindangnya pepohonan.

“Banyak sekali fungsi dari Hutan Manimporok untuk warga Pangu, misalnya suhu tetap asri dan tak panas, sebagian hutan dijadikan lahan perkebunan oleh masyarakat. Tapi karena telah terkena bencana otomatis kegiatan terhenti, namun keuntungan lain nanti pasca letusan ini karena tanah akan menjadi subur,” kata warga Mitra Ferry Lintong.(vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading