Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Penggundulan Mahawu dan Masarang Ancam Warga Tomohon

Manado Today   |   14 Desember 2010 – 17:16 WITA

Tomohon Today – Penebangan pohon tidak beraturan yang terjadi di hutan Gunung Mahawu dan Masarang menjadi ancaman serius bagi warga Kota Bunga.

Ancaman banjir dan longsor kini mengintai warga yang bermukim di pusat Kota Tomohon. Lihat saja yang terjadi akhir pekan lalu. Hujan deras yang turun cukup lama membuat sejumlah rumah di Kelurahan Matani II terendam air.

Ini diakibatkan banyaknya air yang turun dari Gunung Mahawu dan Masarang.

”Penggundulan di Mahawu dan Masarang menjadi pemicu banyaknya air yang muncul ke sini. Ini akibat telah terjadi kepemilikan oleh orang tertentu terutama di Gunung Masarang yang menjadi daerah resapan air,” ungkap Simon L Wuisan dan Robert P Moningka kepada manadotoday.

Sementara Camat Tomohon Tengah Steven Waworuntu yang ditemui terpisah membenarkan SSTP jika di wilayahnya terjadi banjir pada akhir pekan lalu.

”Sesuai laporan, selain banyaknya air dari daerah ketinggian seperti Mahawu dan Masarang, drainase di Matani juga telah terjadi penyempitan. Ini nantinya akan diusulkan agar ke depan bisa diperlebar,” jelas Waworuntu.

Mantan Kasat Pol PP Tomohon ini, meminta agar masyarakat jangan sembarangan membuang sampah sehingga tidak menyumbat saluran air. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • Heintje Lendeng mengatakan:

    Pak Camat….tolong masalah sprt ini ditindaklanjuti….! Kasian masyarakat yg tidak tahu apa2 tiba2 dirugikan karena terjadi bencana yg datang tanpa diundang!!

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading