Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Penghijauan Kawasan TPA tak Luput Dari Sasaran Dinas Kebersihan

Aldi Mawitjere   |   21 Oktober 2011 – 21:53 WITA
Julises Ohlers

Kadis Kebersihan Pemkot Manado : Julises Ohlers SH

Manadotoday.com, Manado – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) identik dengan kesan kumuh. Namun berbeda dengan TPA Somompo. Apa pasal? Panataan taman dan penghijauan tempat tersebut terus dilakukan Dinas Kebersihan dan Pertamanan dibawah komando Julises Oehlers SH. Buktinya, gerakan penghijauan satu miliar pohon oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga dilakukan di TPA tersebut.

“Penghijauan semacam ini bukan hanya demi kita, namun juga demi masa depan anak cucu kita. Karena manfaatnya akan bisa dirasakan hingga 20 tahun kedepan. Selain itu areal TPA kami siapkan lokasi khusus untuk blok penghijauan sebagai nilai tambah dalam penilaian Adipura.,” terang Oehlers.

Bukan hanya itu, blok pembibitan tanaman pohon pun telah dipersiapkan yang nantinya bakal menjadi pohon pengganti yang rusak atau mati di pinggiran ruas jalan Manado.

“Selain ada program penghijauan di TPA kami juga siapkan blok khusus untuk pembibitan. Dan sekaligus kegiatan penghijauan ini sebagai bentuk pemulihan kawasan TPA,” bebernya.

Disatu sisi Oehlers menegaskan, kegiatan penghijauan semacam ini bukan hanya sangat penting demi penyelamatan lingkungan. Namun juga ada pahala yang sangat besar menanti dari kegiatan semacam ini.

“Banyak yang menyangka penghiajuan tidak akan mendatangkan pahala sehingga mereka kurang mendukung program penghijauan. Padahal tanaman yang tumbuh dari penghijauan itu bukan hanya dirasakan manfaatnya oleh manusia, namun juga oleh hewan dan bumi sendiri. Intinya, manfaat pohonnya masih bisa dirasakan oleh mereka yang hidup,“kuncinya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading