Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pengoperasian KMP Tude Belum Hasilkan Profit

Aldy Monareh   |   7 Agustus 2012 – 08:45 WITA

Dolongseda : KMP Tude Masih Orientasi Pelayanan

KM Tude

KMP Tude belum hasilkan profit

BITUNG, (manadotoday.com) – Kendati sudah serahun lebih beroperasi dan dalam sebulan biaya operasional memakan anggaran ratusan juta rupiah, namun hinggga saat ini pengoperasian KMP Tude yang dikelola oleh PD Bangun Bitung belum menghasilkan profit atau keuntungan.

”Saat ini pengoperasian KMP Tude masih bersifat pelayanan,” ujar Dirut PD Bangun Bitung, Johanis Dolongseda.

Untuk menutupi biaya operasional yang mencapai ratusan juta rupiah itu, yang meliputi pembelian BBM jenis Solar, pembayaran gaji 13 ABK serta pembiayaan lainnya, dibiayai oleh subsidi Kementerian Perhubungan.

”Dimana setiap dua bulan rekapan klaim biaya operasional KMP Tude dimasukkan ke Kemenhub dan swlanjutnya biaya tersebut di transfer ke rekening PD Bangun Bitung,” ujarnya.

Dan salah satu faktor yang menyebabkan KMP Tude belum bisa mendatangkan profit adalah jam beroperasi dan animo masyarakat menggunakan jasa angkutan ini. Dimana banyak warga yang lebih memilih angkutan tradisional ketimbang KMP Tude karena dalam sehari hanya melayani 2 rit.

”Selain itu jika dalam satu rit masih ada kendaraan yang tidak terangkut dari pelabuhan penyeberangan ke Papusungan, itu artinya kita harus kembali dari Papusungan menuju pelabuhan penyeberangan dalam keadaan kosong. Yang tentu memakan biaya banyak,” ujarnya.

Ditambahkannya untuk subsidi KMP Tude dari Kemenhub masih terisisa 4 bulan kedepan.

”Dan jika ada perpanjangan subsidi, itu tergantung pengusulan kembali pak Walikota,” tutupnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading