Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Pengungsi Gunung Lokon Dapat Pengobatan Gratis di RS

Staff Manado Today   |   20 Juli 2011 – 10:08 WITA
Juliana Dolvin Karwur

Juliana Dolvin Karwur MKes MSi

Tomohon Today – Pemerintah memberikan pengobatan gratis bagi pengungsi Gunung Lokon yang menderita sakit. Data yang ada sebanyak 39 pengungsi yang sudah dirujuk ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapat perawatan insentif.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon Dolvin Karwur di Tomohon, Rabu (20/7). Menurutnya, pengungsi yang menderita sakit itu dirujuk di Rumah Sakit Bethesda dan Rumah Sakit Gunung Maria.

“Setelah dirujuk, tim kesehatan tetap melakukan pemantauan di rumah sakit untuk melihat perkembangan dari pasien itu,” tutur Karwur.

Ketika ditanya perkembangan kesehatan pengungsi itu, lanjutnya, ada yang sudah ada yang kembali ke lokasi pengungsian karena kesehatan sudah membaik. ‘’Tapi masih ada yang di rumah sakit,’’ ujarnya.

Ia menjelaskan, pengungsi yang dirujuk sebagian besar adalah orang tua yang berada di atas 60 tahun dengan berbagai jenis penyakit. Tapi, ada juga anak-anak. Anak-anak umumnya menderita menderita infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

‘’Namun, apapun jenis penyakit yang diderita pengungsi, baik itu akut maupun kronis, selama masa tanggap darurat akan diklaim Kementerian Kesehatan,’’ tuturnya.

Seperti diketahui, aktivitas Gunung Lokon sejak bulan lalu terus meningkat, dan pada 27 Juni 2011 status gunung itu ditetapkan siaga, kemudian 10 Juli 2011 ditingkatkan ke status awas. Sejak meningkatnya aktivitas lokon dengan terjadinya letusan pada Sabtu (9/10), menyebabkan 5.061 orang warga di Kelurahan Kinilow, Kinilow 1 dan Kakaskasen 1 diungsikan pada sekitar 23 titik lokasi pengungsian.(ant/dri)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading