Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Tomohon

Pengungsi Lokon Akhirnya Dipulangkan Semua

Redaksi Manado Today   |   11 Agustus 2011 – 16:08 WITA

Tomohon Today—Menyusul ditetapkannya Zona Merah menjadi 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan, Kamis (11/8), pengungsi yang masih berada di Taman Kota, yakni yang bermukim di kompleks tambang batu Kelurahan Kinilow 1 akhirnya dipulangkan.

Pengungsi letusan gunung lokon

Pengungsi Lokon

Dengan menggunakan armada bus milik Pemkot Tomohon, dua ratusan pengungsi akhirnya pulang ke rumah setelah hampir sebulan berada di pengungsian.
Wajah pengungsi tampak ceria ketika mengetahui mereka akan dipulangkan. Sebab, selama berada di pengungsian, banyak yang menganggur. Padahal, sebelum mengungsi, kebanyakan dari mereka mencari nafkah di tambang batu yang memang banyak terdapat di sana.
‘’Kami sudah boleh bekerja kembali. Karena, pemerintah juga sudah membuka kembali lokasi tambang batu,’’ ungkap sejumlah pengungsi yang mengaku menggantungkan hidupnya di tambang batu tersebut.
Plt Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diddampingi Sekkot Drs Arnold Poli SH MAP yang juga Komandan Tanggap Darurat Letusan Lokon mengatakan, proses penulangan pengungsi dilakukan setelah mencermati aktifitas Gunung Lokon belakangan ini yang tidak lagi seperti waktu lalu.
‘’Kami juga mendapat rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan bencana serta Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi pusat,’’ ujar Eman dan Poli. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading