Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan, Tomohon

Pengungsi Lokon Diminta Tunggu Kondisi Aman baru Pulang ke Rumah

Staff Manado Today   |   13 Juli 2011 – 13:12 WITA
Pengungsi Lokon

Pengungsi di SMA Kristen I Tomohon

Manado Today – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, Hoyke Makarawung menghimbau, warga yang mengungsi akibat letusan Gunung Lokon, di Kota Tomohon untuk tidak kembali dulu ke rumah masing-masing sambil menunggu kondisinya benar-benar aman dan stabil dari instansi berwenang.

“Sebaiknya warga sabar dan bertahan dulu di tempat-tempat yang disiapkan pemerintah daerah, sambil menunggu kondisi stabil,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, Hoyke Makarawung, di Manado, Rabu (13/7/2011).

Seperti diketahui, Gunung Lokon yang erupsi dan ditetapkan status awas (Level IV) sejak 10 Juli 2011 lalu. Masyarakat yang dekat dengan gunung tersebut telah diminta untuk mengungsi dulu ke lokasi aman seiring dengan semburan debu vulkanik yang terjadi. Beberapa kelurahan di Kota Tomohon yang dianggap paling rawan dan berbahaya ancaman letusan gunung Lokon itu, seperti Kinilow, Kinilow Satu, Kakaskasen dan Tinoor.

Gunung Lokon pada Sabtu (9/7) meletus tiga kali. Letusan pertama terjadi pukul 07.10, kemudian 11.20 dan 14.14 WITA. Selanjutnya Minggu (10/7) pukul 22.00 WITA statusnya dinaikkan menjadi awas karena sempat mengeluarkan abu vulkanik.

“Aktivitas erupsi bahkan terus berlanjut hingga Selasa (12/7). Ini berdasarkan pantauan Pos Pemantau Gunung Lokon di Tomohon,” katanya. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading