Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pengurusan Izin Pertambangan di Sulut Masih Overlapping

Tonny Sumakul   |   13 Oktober 2011 – 22:21 WITA
Mecky Onibala

Mecky Onibala

Manado Today – Proses pengurusan izin pertambangan di Sulut, nampaknya masih sering terjadi overlapping. Buktinya, ada sejumlah daerah di Sulut, untuk memenuhi izin pertambangannya langsung berhubungan dengan Kementerian terkait, tanpa melakukan kordinasi dengan Gubernur yang adalah selaku wakil pemerintah pusat di daerah.

Hal ini disampaikan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Sulut, Drs. Mecky Onibala M.Si, dalam rapat koordinasi (rakor) pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintah, yang dihadiri SKPD terkait di 15 Kabupaten/Kota se-Sulut ini.

“Ada daerah yang akan mengurus izin pembukaan tambang, langsung berhubungan dengan kementerian teknis di pusat, dan tidak ada konsultasi dengan Gubernur selaku wakil Pemerintah Pusat di daerah. Ironisnya lagi, kementerian teknis tanpa juga koordinasi dengan Gubernur, langsung memberikan persetujuan untuk izin pertambangan itu,” kata Onibala.

Untuk itu, disampaikannya, kedepan Pemprov Sulut bergarap agar hubungan antara Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemprov, untuk lebih dimaksimalkan dalam urusan koordinasi. Sehingga, tak akan terjadi tumpang tindih dalam pengurusan izin pertambangan contohnya.

“Mudah-mudahan dalam rakor ini, hubungan Pemprov Sulut dan Kabupaten/Kota akan lebih maksimal, sebab Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, akan terus berperan dalam memajukan Sulut,” ungkapnya.

Onibala mencotohkan lagi, koordinasi dan sinergitas pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintah, harus kita tunjukan, sebagai konteks pembangunan yang berimbas baik kepada masyarakat. Salah satu fungsingnya disitu, akan menghindari terjadinya tumpang tindih program, ataupun kegiatan dengan daerah. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading