Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Peningkatan SDM Perikanan Mendapat Prioritas Tiga Daerah

Staff Manado Today   |   30 April 2011 – 09:38 WITA

Manado Today – Akademi perikanan dari tiga daerah masing-masing Kota Bitung (Sulawesi Utara), Sidoardjo (Jawa Timur) dan Sorong (Papua), sepakat bekerja sama meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bidang perikanan.Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, I Dedy Heryadi Sutisna di Bitung, mengatakan, kerja sama tiga akademi tersebut dengan membuat program SDM perikanan tangkap yang siap pakai di sektor usaha perikanan tangkap.

“Program ini berbasis akademisi, bisnis dan pemerintahan dalam rangka menghindari permasalahan dalam penangkapan ikan, di mana berdampak pada hasil tangkapan yang belum sesuai harapan,” kata Dedy.

Dedy mengatakan, tergerak memfasilitasi peningkatan SDM perikanan dalam upaya mendorong produksi perikanan tangkap nasional mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Perekrutan tenaga kerja perikanan, cukup banyak di Indonesia termasuk Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) dan Akademi Perikanan, namun hasil tangkapan belum maksimal. Karena itu diharapkan adanya pemberdayaan SDM akan memacu produksi,” kata Dedy.

Dalam upaya tercapainya keberhasilan program kerja sama ini, kata Dedy, diharapkan dukungan penuh dari pelaku usaha perikanan, sehingga program akademi di tiga kota di Indonesia tersebut dapat berhasil dengan baik.

Para pelaku usaha perikanan diharapkan bukan hanya mendorong terciptanya SDM yang tangguh dan punya keahlian tersendiri, tetapi juga mampu melakukan upaya pemberdayaan sumber daya ikan sehingga kelestarian tetap terjaga.

“Pelaku usaha agar memperhatikan soal kelestarian ikan, bukan hanya jago menangkap ikan, tetapi perlu usaha nyata menjaga kelestarian potensi perikanan sehingga tetap terjaga, di antaranya menyiapkan benih ikan,” kata Dedy.

“Bukan hanya menangkap ikan, tapi pelaku usaha pun bertanggung jawab melestarikan sumber daya ikan yakni menebar benih,” katanya.

Kota Bitung, merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan potensi perikanan khususnya laut, cukup baik, karena memiliki areal laut yang cukup luas dan berada pada posisi tepat saat ikan berkembang biak.

Ikan produksi di perairan laut Bitung, yang potensial di antaranya, ikan cakalang, bandeng dan ikan tuna.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading