Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Penipuan Lewat Telepon Marak di Tomohon

Redaksi Manado Today   |   28 Februari 2011 – 10:00 WITA

Tomohon Today—Setelah lewat SMS, kini penipuan lewat telepon marak terjadi di Kota Tomohon. Penelepon yang sering mengaku dokter dan polisi ini sudah berhasil mengelaui sejumlah warga Tomohon.
Malahan, ada warga yang berprofesi sebagai guru telah menjadi korban. Ine—sebut saja demikian, salah seorang guru di salah satu sekolah neger di Tomohon mengaku telah menjadi korban penipuan.
Ceritanya, suatu pagi, saat ini bersiap-siap menuju sekolah tempat ia mengajar, menerima telepon dari seseorang. ‘’Halo, selamat pagi,’’ kata penelepon dari seberang. Ine pun menjawab. ‘’Selamat pagi’’. Kemudian penelepon menanyakan sesuatu. ‘’Apakah ibu punya saudara di luar daerah?. Karena punya kakak di Jakarta, Ine pun menjawab ia.
‘’Begini bu, saya dokter. Saudara ibu baru saja mengalami kecelakaan. Kalau ibu mau saudara ibu selamat, saya minta ditransfer uang sebanyak sepuluh juta,’’ katanya.
Tanpa pikir panjang, Ine pun langsung mentransfer uang seperti yang dikatakan si penelepon. Keesokan harinya, Ine menelepon ke saudaranya di Jakarta. Tenryata, ia sehat-sehat dan tak pernah mengalami kecelakaan.
Penipuan lewat telepon ini akhir-akhir ini marak terjadi. Kalau tidak dokter, si penelepon mengaku dari pihak kepolisian.
Menanggapi masalah ini, Plt Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengimbau kepada warga Kota Bunga untuk waspada dan tidak langsung percaya dengan telepon dari orang tak dikenal yang meminta uang.
‘’Kalau mendapat telepon seperti itu, coba hubungi dulu kerabat yang ada di luar daerah menanyakan keberadaan mereka agar tidak tertipu dengan ulah mereka yang tak bertanggung jawab,’’ tukas Eman. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading