Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Penolakan Terhadap PT SEJ Terus Dilayangkan Warga Minsel

Staff Manado Today   |   28 Mei 2011 – 12:18 WITA

Amurang Today – Rencana beroprasinya PT SEJ yang akan mengelola pertambangan emas di Desa Tokin Kecamatan Motoling Timur, terus dilayangkan oleh warga di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Pasalnya, jika pertambangan di Desa Tokin akan beroprasi, akan berdampak buruk pada lingkungan di wilayah Minsel.

Anggota sekaligus pengarah Ikatan Mahasiswa Minahasa Selatan Atas (IMAMINSEL) Hesky Kumayas, mengatakan, pemerintah harus mewaspadai pertambangan emas selain itu melakukan kajian yang lebih mendalam lagi mengenai investasi bidang pertambangan ini. Sebab, setahu mereka pertambangan emas ini, akan memberikan dampak besar pada kerusakan lingkungan.

“Berbeda dengan eksplorasi tambang batubara dan minyak bumi, prosesnya hanya digali dan diambil batu baranya, kemudian ditimbun kembali. Tapi untuk pertambangan emas, pengelolaannya rumit dan selalu meninggalkan persoalan lingkungan hidup pasca eksplorasi,” kata Kumayas.

Hal yang sama juga dikatakan tokoh masyarakat Minsel, Tonny Lumenta SH dan Iwan Sumarno. Menurut mereka, sejak jaman penjajahan Belanda, Sulut sudah dikenal dengan emasnya. Namun pemerintah belanda tidak ingin melakukan eksplorasi karena dampaknya yang sangat merugikan lingkungan dan kelangsungan hidup manusia.

“Bayangkan saja pada waktu itu, Belanda tidak ingin merusak kelangsungan hidup orang Sulut, apalagi untuk pemerintah saat ini,” ketus Lumenta.

Diungkapkannya lagi, penilaian saat ini, pemerintah terkesan tega memberikan rekomendasi, untuk tambang emas yang sudah jelas efeknya sangat mengerikan.

“Yang pokok, kami warga Minsel, sepakat menolak pertambangan emas ini, kalau tidak anak cucu kita yang akan menerima dampak buruknya,” ujarnya lagi. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading