Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Penuhi Ketentuan API, BS Targetkan Modal Disetor Rp 1 Triliun

Staff Manado Today   |   1 Agustus 2011 – 14:39 WITA

Manado Today- Bank Sulut menargetkan modal disetor bank milik pemerintah provinsi itu mampu mencapai Rp1 triliun pada 2014 guna memenuhi ketentuan arsitektur perbankan Indonesia (API) dan menjadi “regional champion”.

“Kita akan mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan modal disetor tersebut diantaranya tambahan setoran modal pemilik, menawarkan saham perdana di bursa serta investor strategis,” kata Direktur Utama PT Bank Sulut Jeffry Wurangian di Manado.

Jeffry mengatakan, tiga cara menambah permodalan bank daerah, sudah mendapat persetujuan pemegang saham, untuk itu maka direksi akan mulai mempersiapkan cara yang paling cepat guna perbesar permodalan bank daerah ini.

“Kita akan memilih mana cara yang paling memungkinkan dengan tingkat resiko paling rendah dan hasil yang memuaskan,” kata Jeffry.

Direktur Umum Bank Sulut, Ricky Lintang mengatakan, tambahan modal disetor sudah dibuktikan para pemegang saham dengan setoran sekitar Rp31 miliar baik melalui penyisihan deviden maupun setoran tunai.

“Sementara itu IPO, akan diupayakan sebelum akhir tahun 2012, dengan demikian lebih cepat bank ini untuk mendapatkan tambahan modal sehingga mampu melakukan ekspansi usaha lebih cepat,” kata Ricky.

Untuk investor strategis, kata Ricky, sebagaimana amanat pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang menyerahkan sepenuhnya kepada direksi, maka pihaknya akan mulai mengkaji keinginan Para Group milik pengusaha nasional Chairul Tanjung untuk menanamkan modal sebessar 30 persen.

“Kita akan mengkaji sistem mana yang paling memungkinkan baik kecepatan mendapatkan dan maupun keuntungan bagi perusahaan dan pemegang saham,”kata Ricky.

Ricky mengatakan, atas kepercayaan diberikan pemegang saham, pihaknya akan berupaya agar Bank Sulut tetap bertahan sebagai bank umum, tidak dimerger dengan bank lain atau turun menjadi bank perkreditan rakyat karena tidak mampu memenuhi sisi permodalan.

“Target menjadi regional champion sudah menjadi keinginan bersama dengan pemegang saham, karena itu mulai dari sekarang akan diupayakan menambah permodalan bank memenuhi ketentuan API,” kata Ricky.

Bank Sulut saat ini dimiliki 16 pemerintah daerah, yakni Pemerintah Provinsi Sulut sebagai pesaham mayoritas, pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Sulut dan Gorontalo, serta koperasi karyawan (Kopkar) Bank Sulut. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading