Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Tenggara

Penyakit Diare Mulai Mewabah di Mitra

Staff Manado Today   |   6 Desember 2011 – 13:25 WITA
Lily Mawati

Kadis Kesehatan Mitra dr. Lily Mawati

Ratahan, MTC – Memasuki musim penghujan, warga Minahasa Tenggara (Mitra) yang berada ibukota Ratahan, mulai dihinggapi rasa khawatir. Pasalnya, wabah penyakit Diare saat ini mulai menyerang warga dari orang dewasa sampai anak-anak.
Menurut penuturan beberapa warga, banyak di antara mereka yang terjangkit penyakit ini.
“Warga disini banyak yang terserang penyakit diare, sehingga harus pergi berobat ke rumah sakit,” ungkap findo M.
Dikatakannya, perlu peran dari dinas kesehatan untuk memerangi penyakit tersebut.
“Perlunya peran serta dari pihak Dinkes Mitra, untuk dapat mengantisipasi penyakit yang tengah melanda warga disini,” tuturnya.
Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr Lily Mawati saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya belum menerima laporan resmi mengenai terjadinya kasus diare tersebut. Tapi dia mengatakan, untuk diare yang dialami masyarakat menurutnya, itu hal yang biasa dan tidak perlu ditakuti, karena dapat dicegah dan diobati.
“Itu memang biasa terjadi di saat pergantian musim seperti ini. Dan bukan merupakan kejadian yang luar biasa,” tuturnya.
Mawati pun memberikan sedikit tips bagi masyarakat, untuk menghadapi serangan diare, yaitu memberikan pertolongan pertama dengan memberikan oralit kepada penderita dan bawa penderita ke pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan.
Dia juga menghimbau pada masyarakat untuk dapat hidup sehat.
“Seperti membersihkan lingkungan, juga tempat tinggal kita. Dan perbiasakan diri untuk hidup sehat dan teratur agar terhindar dari penyakit seperti diare yang terjadi saat ini,” jelasnya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading