Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Penyebaran Ulat Bulu di Sulut Akibat Perubahan Iklim

Staff Manado Today   |   7 Mei 2011 – 13:21 WITA

Manado Today – Menyebarnya beberapa ulat bulu di Sulawesi Utara (Sulut), hanya lebih disebabkan oleh perubahan iklim, kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulut Johanis Panelewen.“Karena cuaca yang tidak menentu, menyebabkan ulat bulu sempat berada di tempat-tempat tertentu dan semuanya sudah dibasmi,” kata Panelewen, di Manado, Sabtu.

Menurutnya, hingga saat ini sudah tidak ada lagi laporan warga terkait penyebaran ulat bulu, karena itu hanya sempat terjadi di Manado dan beberapa di wilayah Bolmong.

Kondisi ulat bulu di Sulut tidak separah atau sehebat yang terjadi di pulau Jawa dan sekitarnya, yang membutuhkan penanganan serius.

Ulat bulu pertama diketahui tersebar di pemukiman warga Kelurahan Mahakeret Barat lingkungan 4, Kecamatan Wenang, pada 15 April 2011 lalu.

Kumpulan ulat bulu tersebut menyerang tanaman di pemukiman rumah Keluarga Sinaulan Lumanow di samping pemakaman Borgo.

Bahkan sempat menyebar juga di perumahan dinas pejabat Pemprov Sulut di kawasan kelurahan Bumi Beringin Manado, dan sudah ditangani optimal.

Sementara itu, sejumlah warga meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi penanganan ulat bulu, ketika itu benar-benar terjadi.

“Kalau hanya sekedar membakar ulat bulu, tentunya memiliki dampak buruk karena rawan kebakaran seiring padatnya perumahan warga. Seharusnya ada racun apa yang harus disebar,” jelas Marthin, warga Wenang, Manado. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading