Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Penyelesaian Masalah Tapal Batas di Sulut Akan Libatkan Kemendagri

Aldi Mawitjere   |   1 Mei 2012 – 22:38 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Penyelesaian sejumlah batas wilayah antara Kabupaten dan Kota, maupun antara Kabupaten dan Kabupaten di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang terkesan lambat penyelesaiannya, disepakati akan melibatkan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Ditjen PUM.Hal itu terungkap dalam pertemuan penyelesaian batas wilayah di Sulut, yang berlangsung di ruang kerja Sekprov Ir. Siswa Rachmat Mokodongan, yang dihadiri empat daerah yang batas wilayahnya bermasalah, yakni Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Tenggara dan Bolmong Timur.

Disepakati, masalah batas wilayah akan segera diselesaikan dengan cara yang dapat diterima semua pihak, juga diharapkan takkan menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

“Pada pertemuan itu, semua sepakat agar keputusan penetapan batas wilayah diserahkan ke Pemprov,” kata Mokodongan.

Menurutnya, pihaknya akan kembali menurunkan tim guna menentukan penetapan batas wilayah itu didampingi pihak Pemkot maupun Pemkab, dengan nantinya pada penandatanganan kesepakatan batas wilayah, akan melibatkan Kemendagri RI, dan selanjutnya diproses untuk menjadi keputusan batas wilayah oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI.

“Yang terpenting untuk penyelesaian permasalahan itu, diorientasikan guna kepentingan rakyat, serta kepastian hukum bagi kedua daerah yang berkaitan dengan batas wilayah,” tandas Mokodongan.

Kata dia, keputusan penyelesaian batas itu, dilakukan semata-mata demi kesejahteraan rakyat, dan semua pihak harus sepakat untuk “menerima dan diterima” terkait penyelesaian batas wilayah itu.

“Untuk hasil pertemuan ini lagi, nantinya akan disampaikan kepada pejabat yang hadir kepada Kepala Daerahnya, sehingga masing-masing bisa melihat konsep penentuan titik-titik penarikan garis batas di wilayah,” terangnya.

Pada pertemuan tersebut, Sekprov Mokodongan didampingi Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Mecky Onibala, M.Si, Asisten III bidang Administrasi Umum Edwin Silangen, SE.M.Si, dan Kepala Bagian Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Humas Drs. Lucky Tahu, M.Si yang mewakili Kepala Biro yang sedang tugas di luar daerah.

Sementara dari Pemkab Minahasa Tenggara dihadiri Sekdakab Drs. Freddy Lendoh, Kabag Pemerintahan Drs Bonny Mokorimban, dan Kepala Dinas ESDM Jantje Loway. Untuk Pemkab Bolmong Timur, dihadiri Sekdakab Drs. M. Assagaf dan Asisten Pemerintahan Amir Mussa, S.Sos. Sedangkan Pemkab Minahasa Utara, dihadiri Kepala Bagian Pemerintahan Drs. Allan Mingkid. Dan untuk Pemkot Bitung hadir Sekdakot Drs. Edison Humiang, M.Si, Asisten Pemerintahan Drs. Fabian Kaloh M.Si dan Kabag Pemerintahan E. Lomban, S.Sos. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading