Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Perbaikan Jalan Provinsi Bukan Kewenangan Pemkot Manado

Aldi Mawitjere   |   23 Februari 2012 – 10:27 WITA
Vicky Lumentut

Walikota Manado, Dr. Ir. GS Vicky Lumentut

Manado, (manadotoday.com) — Desakan warga Kota Manado agar segera melakukan perbaikan peningkatan jalan di Boulevard, Kombos serta jalan menuju Santika hingga ke NDC-Pandu, ditanggapi bijak Walikota GS Vicky Lumentut, agar tidak menimbulkan persepsi berbeda di masyarakat, apalagi hingga menyudutkan Pemkot Manado.
Lanjut GSVL sapaan akrab Lumentut, bahwa jalan tersebut bukanlah kewenangan Pemkot Manado untuk melakukan perbaikan atau peningkatan jalan.
“Masyarakat perlu memahami tentang kewenangan perbaikan jalan tersebut. Jangan sampai nanti timbul tafsiran atau pembicaraan menyalahkan Pemkot Manado yang terkesan tidak mau memperbaiki jalan tersebut,” ujar Lumentut.
Dijelaskan Ketua DPD Partai Demokrat Sulut itu, di setiap daerah ada kewenangan masing-masing terkait dengan pembenahan jalan, karena ada jalan nasional, provinsi dan kabupaten dan kota hingga desa kelurahan.
“Artinya jika jalan tersebut berstatus jalan nasional atau Provinsi, pemerintah kabupaten dan kota tentunya tidak berwenang melakukan perbaikan jalan karena jelas menyalahi aturan. Jadi perbaikan jalan tersebut memang bukan kewenangan Manado meski memang jalan tersebut berada di wilayah kota Manado,”jelas GSVL.
Lebih jauh dikatakan Lumentut, jika tetap dikerjakan pada ujungnya Pemkot Manado akan berhadapan dengan penegak hukum karena memang menyalahi aturan. Dan tentunya tidak boleh mengelurkan dana sepeserpun untuk perbaikan jalan yang bukan kewenangan Manado, apalagi menata anggaranya dalam APBD Kota Manado.
“Untuk itu, jika ada desakan warga akan peningkatan jalan yang bukan kewenangan Pemkot Manado, kita akan fasilitasi dengan melakukan koodinasi pada pemerintah pusat dan provinsi. Pemerintah pusat sendiri, mempunyai perwakilan yaitu Dinas PU provinsi yang tentunya mengetahui betul jalan mana yang perlu adanya perbaikan,”ujar Walikota sembari menambahkan, persoalan pembenahan jalan itu pun telah dititipkan ke Deprov Sulut ketika berkunjungan ke Pemkot Manado.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading