Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Perbankan Kurang Sosialisasi Kartu Kredit

Aldi Mawitjere   |   28 November 2011 – 10:30 WITA

Manado, MTC – Perbankan dinilai masih banyak melanggar aturan kartu kredit dengan tidak memberikan sosialisasi maksimal kepada pelanggannya.
“Kewajiban bank penerbit kartu kredit untuk memberikan sosialisasi kepada penggunanya, tapi dalam kenyataan masih banyak mengabaikannya,” kata Pakar Kartu Kredit, Roy Shakti kepada sejumlah wartawan.
Roy mengatakan, dampak sosialisasi perbankan yang hampir tidak ada tersebut, maka tak heran bila pengguna kartu kredit di Indonesia belum sebanyak negara-negara lainnya.
Selain sisi pengguna kurang, kata Roy, kurangnya sosialisasi berpengaruh tingkat kredit bermasalah dari pelanggan cukup tinggi.
“Kewajiban bank untuk memberikan sosialisasi penting karena sekaligus sebagai tambahan pengetahuan kepada pelanggan sehingga mereka dapat menggunakan kartu kredit dengan baik dan benar,” kata Roy.
Transaksi kartu kredit, kata Roy memang tidak diatur tersendiri dalam undang khusus tetapi lebih mengacu pada Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Undang Undang Perlindungan Konsumen dengan jelas mengatur hak dan kewajiban produsen, dan bank sebagai penerbit kartu kredit merupakan produsen, karena itu wajib memberikan sosialisasi kepada konsumen.
Salah satu unsur penting yang diperlukan konsumen tetapi belum disosialisasikan perbankan yakni cara menggunakan kartu kredit sehingga memberi manfaat kepada konsumen. “Bank penerbit kartu kredit seharusnya harus menunjukkan cara penggunaan kartu yang benar bagi pelanggan sehingga memberi manfaat kepada mereka, bukan sebaliknya terjerat masalah karena utang kartu kredit menumpuk,” kata Roy.
Selama ini, pihak bank hanya mengejar jumlah pelanggan, tidak peduli apakah credit card memberi keuntungan pelanggannya, padahal manfaat bagi konsumen yang paling penting. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading