Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Perbankan Sulut Koleksi Rp 496 M Kredit Bermasalah

Staff Manado Today   |   29 April 2011 – 19:53 WITA

Manado Today – Kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) perbankan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga posisi Maret 2011 mencapai Rp496,67 miliar, meningkat 28 persen dibandingkan posisi sama tahun lalu Rp387,74 miliar.“Perbandingkan dengan total kredit maka NPL perbankan pada Maret tahun ini menjadi 3,83 persen, naik dari sebelumnya Maret 2010 sebesar 3,57 persen,” kata Pemimpin Bank Indonesia (BI) Manado, Ramlan Ginting di Manado, Jumat.

Dominasi kredit bermasalah tersebut, kata Ramlan terutama sektor perdagangan, tercatat sebesar Rp219,9 miliar, meningkat 38,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp158,8 miliar.

“Kendati dari sisi jumlah kredit bermasalah perdagangan paling besar, tetapi dari sisi prosentase terhadap total, justru menunjukkan penurunan menjadi 6,08 persen dari sebelumnya 6,47 persen tahun lalu,” kata Ramlan.

Posisi terbesar kedua, kata Ramlan yakni kredit konsumtif Rp157,93 miliar, meningkat cukup tajam dibandingkan tahun lalu dengan kredit bermasalah sebesar Rp145,21 miliar atau naik 8,75 persen.

Sementara kredit sektor konstruksi yang bermasalah sebesar Rp41,09 miliar, naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu ketika itu baru sebesar Rp23,82 miliar.

Sektor listrik, gas dan air mencatat angka bermasalah sebesar Rp33,43 miliar, meningkat 14,68 persen dibanding tahun sebelumnya Rp23,82 miliar.

Ramlan mengatakan, untuk sektor pertanian kendati yang tercatat bermasalah hanya sebesar Rp20,93 miliar, tetapi angka pertumbuhannya cukup tinggi yakni mencapai 89,32 persen, karena posisi NPL sektor ini tahun lalu Rp11,05 miliar.

Terhadap peningkatan kredit bermasalah ini, maka BI kata Ramlan telah meminta perbankan untuk tetap selektif melakukan ekspansi kredit.

“Perbankan harus pruden dalam penyaluran kredit, tetapi sektor yang berpotensi meningkatkan kehidupan masyarakat harus tetap diperhatikan untuk ekspansi,” kata Ramlan.

Seluruh bank yang ada, kata Ramlan, supaya berperan aktif dalam pemberdayaan usaha di masyarakat khususnya usaha mikro kecil menengah.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading