Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Perbatasan Sulut – Gorontalo Diperketat

Staff Manado Today   |   5 April 2011 – 17:46 WITA

Terkait Ditemukannya Unggas Terinfeksi H5N1 di Gorontalo

Manado Today – Menyusul ditemukannya unggas yang terinfeksi gejala penyakit flu burung di Gorontalo, Pemprov Sulut selaku daerah tetangga, akan memperketat pengawasan di Perbatasan antara Sulut dan Gorontalo. Hal itu disampaikan Kabag Humas Setdaprov Sulut, Christian Sumampow SH M.Ed.

Foto : Kabag Humas Setdaprov Sulut, Christian Sumampow SH M.Ed.

Foto : Kabag Humas Setdaprov Sulut, Christian Sumampow SH M.Ed.

Menurutnya, langkah ini dilakukan terkait instruksi Gubernur Dr SH Sarundajang, untuk mengambil langkah cepat dan antisipatif serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut).

Lanjutnya mengatakan, dengan diperketatnya perbatasan ini, kegiatan perekonomian rakyat akan tetap berjalan, hanya saja perdagangan unggas dilakukan pengawasan yang ketat.

“Lalulintas orang di perbatasan juga dilakukan pengawasan yang ketat dengan melibatkan unsur Dinas Perhubungan,” kata Sumampow, Selasa (05/04/2011).

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Ir J Palenewen M.Si, sudah menurunkan tim di Kabupaten Bolmut, untuk melakukan langkah koordinasi dengan Pemkab Bolmut,untuk mencegah masuknya unggas yang terinfeksi flu burung.

Selain itu, Dinas Kesehatan Sulut melalui Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan dr. Jemmy Lampus, mengatakan bahwa berdasarkan laporan Dinkes Bolmut, sampai saat ini memang belum ditemukan kasus flu burung di wilayah perbatasan baik yang disebabkan oleh hewan unggas maupun melalui penularan antar manusia.

“Namun kami akan terus melakukan antisipatif dengan menyiapkan logistik berupa obat termasuk juga bahan-bahan serta brosur sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan flu burung,” kata Lampus.

Ia menambahkan, sesuai Keputusan Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI, Rumah Sakit (RS) Prof.DR. Kandou telah ditetapkan sebagai salah satu RS rujukan penderita flu burung di Indonesia, yang siap menangani apabila terjadi kasus penyakit ini. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading