Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Perda 7 tahun 2007 Mulai Mengambang

Staff Manado Today   |   7 Mei 2011 – 22:12 WITA

Manado Today – Perda Sampah Nomor 7 Tahun 2007 yang mengatur tentang kebersihan, kini mulai dipertanyakan oleh sejumlah warga. Pasalnya, belakangan semangat pemerintah untuk mendorong masyarakat kota untuk menjaga kebersihan belum optimal.“ Pemerintah jangan hanya lips service melakukan penertiban terhadap perda kebersihan ini. Masih banyaknya sampah berserakan pertanda sosialisasi terhadap perda ini masih sangat minim. Bahkan, di sepanjang pinggiran pantai Malalayang Satu Timur atau tepatnya diperkampungan nelayan, dipadati dengan sampah. Begitupun disepanjang jalan pusat kota masih banyak sampah yang berserakan,” jelas pemerhati lingkungan DR Parabelem Rompas MT kepada manadotoday.

Ia menambahkan, masih banyak orang membuang sampah di tempat saluaran air. Akibatnya, drainasse pun dipenuhi dengan sampah. “Mereka membuangnya tidak hanya dipingiran jalan, bahkan di saluran air jadi tempat sampah sehingga sampah ikut menyumbat saluran tersebut dan menyebabkan banjir,” tandasnya

Terpisah, salah satu warga Tuminting, Handoko Munawir yang sehari-harinya berprofesi sebagai penjual buah Apel di pusat Kota Manado, mengatakan, bahwa sebagian besar sampah yang menghiasi pinggiran jalan tersebut berasal dari para pemilik toko yang ada di pusat kota dan warga yang datang berbelanja.

“Aktivitas jual beli di pusat kota 45 Manado memang sangat mempengaruhi kebersihan lingkungan sekitar. Apalagi, masih banyak warga yang belum memiliki kesadaran menjaga kebersihan. Buktinya, masih ada yang membuang sampah sembarangan. Padahal sudah sering diingatkan. Bahkan perda sampah seolah-olah tidak ada gunanya untuk diterapkan lagi,” tuturnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading