Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline

Perda Pesisir akan Direvisi

Redaksi Manado Today   |   27 Februari 2011 – 17:43 WITA

Manado Today – DPRD Sulawesi Utara akan merevisi Peraturan Daerah Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir Terpadu Berbasis Masyarakat, karena dinilai penerapannya tidak optimal lagi.

“Perda Nomor 38 Tahun 2003 itu merupakan inisiatif lembaga wakil rakyat periode 1999-2004, dan karena perkembangan zaman serta terjadi banyak perubahan, sehingga perlu direvisi,” kata Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Sulut Victor Mailangkay, di Manado, Minggu.

Rencana revisi aturan itu agar jangkauannya perlu diperluas sehingga mencakup juga pesisir dan pulau-pulau kecil terluar di wilayah perbatasan. Kemudian pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau terluar di daerah perbatasan mendapatkan perhatian yang lebih serius dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Bentuk perhatian nantinya bisa tercermin pada pengalokasian anggaran melalui APBN dan APBD, sehingga wilayah pesisir dan perbatasan bisa menjadi garda terdepan pembangunannya,” ujar Mailangkay, yang juga anggota fraksi Partai Golkar DPRD Sulut itu.

Revisi Perda No.38 tahun 2003 itu sekaligus juga disempurnakan sesuai perkembangan zaman yang ada, mengingat aturan itu sebenarnya bisa mengacu pada Undang Undang yang terakhir disahkan.

Seperti UU No. 27 Tahun 2007 serta memperhatikan peraturan pemerintah (PP) No. 62 Tahun 2010 tentang Pemanfaatan Pulau-pulau Kecil Terluar dan PP Np. 64 Tahun 2010 tentang Mitigasi Bencana di wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

Pengamat politik dari FISIP Unsrat Manado Fanley Pangemanan mengatakan, revisi Perda terkait wilayah pesisir dan perbatasan, dianggap mendesak seiring dengan peningkatan pembangunan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

“Wilayah pesisir dan perbatasan itu merupakan garda terdepan pembangunan bangsa Indonesia, harus diberikan prioritas pembangunan infrastruktur yang hingga saat ini banyak tertinggal jauh,” katanya.

Menurut dia, selanjutnya harus diberi porsi tersendiri terkait pemberdayaan masyarakat, sehingga sumber daya manusia serta sisi ekonomi rakyat benar-benar terangkat dan berkualitas. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading