Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Perda, Solusi Pungli di Rumah Panggung Woloan

Ardi Kalumata   |   5 Februari 2012 – 21:54 WITA
Corry Caroles

Kadishutbun Tomohon, Ir Corry Caroles

Tomohon, (manadotoday.com)—Dari pada masuk kantong pribadi, Pungutan Liar (Pungli) yang dikenakan kepada pengusaha rumah panggung woloan diusulkan untuk dibuatkan Peraturan Daerah (Perda).
Sebab, dengan Perda, pungutan tersebut akan terkikis. Sebaliknya, akan memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Tomohon. Hal ini diungkapkan Raymond BG Supit SH dan Rieke LK Mamanua SIP, pemerhati pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Tomohon.
‘’Ini memang dikategorikan sebagai Pungli, sebab tidak ada aturan yang mengatur pengusaha harus memberikan lima ratus ribu rupiah untuk setiap penjualan rumah di dalam daerah dan dua setengah persen harga penjualan untuk luar daerah. Ini harus dicermati baik-baik oleh pemerintah Kota Tomohon,’’ tegas keduanya.
Memang kata Supit, untuk mengirim produk, ada yang harus ditandatangani oleh pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun). Tapi, itu merupakan tugas pokok dan fungsi mereka.
‘’Itu memang menjadi tugas mereka. Mereka digaji untuk itu. Tak masalah. Pengusaha jangan takut melaporkan hal-hal yang tidak beres,’’ tandasnya.
Kepala Dishutbun Kota Tomohon Corry Caroles tetap membantah jika pihaknya melakukan Pungli meski mengakui jika pengusaha memberikan uang saat akan menandatangani dokumen penjualan rumah panggung.
‘’Itu merupakan kerelaan mereka. Saya tidak minta tapi pengusaha yang memberikannya,’’ katanya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading