Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Pemerintahan

Perdagangan Intra ASEAN Alami Kenaikan 31,2 persen

Staff Manado Today   |   11 Agustus 2011 – 18:19 WITA

Manado Today – ASEAN Free Trade Agreement (AFTA) Council atau Dewan AFTA mencatat, bahwa kenaikan perdagangan intra di ASEAN, mengalami kenaikan 31,2 persen, atau setara dengan US$ 519,7 milliar untuk tahun 2010, yang jika dibandingkan tahun 2009 lalu hanya US$ 376.2 milliar. Hal itu terungkap dalam pertemuan plenari dari para Menteri Ekonomi ASEAN, untuk mengkaji implementasi ASEAN Economic Community (AEC) tahun 2015 mendatang.

“Dalam pertemuan itu juga, dikaji mengenai langkah penyederhanaan Aturan Asal Barang dan Surat Keterangan Asal Barang, kerja sama di bidang kepabeanan, serta kerja sama di bidang standar dan kesesuaian,” ujar Menteri Perdagangan RI, Mari Elka Pengestu, Kamis (11/8/2011) di GKCC, Manado, Sulawesi Utara.

Lanjut dikatakannya, Dewan AFTA juga, mendorong ASEAN untuk jadi kawasan yang terintegrasi, kompetitif dan sebagai basis produksi regional, agar dapat memasok pasar dunia dengan produk-produk hilirnya.

“Disitu juga dilakukan pembahasan terkait perkembangan High Impact Investment Work programme towards 2015, dan Enhancement Investment Statistics yang dimonitor melalui pelaksanaan Working Group dari FDI Statistics in ASEAN (WGFDIS) tahun 2010-2015,” terang Pangestu.

Ia menambahkan, pertemuan itu juga membahas arus investasi langsung asing, untuk mendorong usaha kecil menengah (UKM) yang merupakan bagian penting untuk mewujudkan ASEAN yang inklusif dan merata.

“Sebab disini, UKM punya peran penting di ASEAN termasuk Indonesia, karena selama ini mereka (UKM) terus menunjukkan kemampuannya untuk dapat bertahan dan tetap dinamis,” kata Pangestu. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading