Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Perekonomian Kota Manado Terus Mengeliat

Redaksi Manado Today   |   12 Maret 2011 – 12:14 WITA

Manado Today – Banyaknya, jumlah ijin yang dikeluarkan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) selang Januari hingga Maret ini, menunjukan perekonomian Kota Tinutuan ini lagi bergeliat.

“Perekonomian Manado lagi mengeliat. Karena dengan banyaknya yang ingin melakukan usaha di kota ini dibuktikan dengan banyak pelaku usaha yang mengurus ijin usahanya, “ ujar Kepala BP2T Drs Rum Usulu kepada wartawan.

Dikatakan Usulu, banyaknya ijin yang dikeluarkan sehingga mempengaruhi perekonomian Manado. Hal ini pula ditopang dengan adanya UU no 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah. Dimana pemerintah tidak lagi diperkenankan menarik biaya retribusi perijinan.

“Manado memiliki 19 perijinan dan sesuai dengan UU no 28 tahun 2009, 16 perijinan lainnya tidak lagi dipungut biaya retribusi. Retribusi hanya ditarik bagi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB,red), Ijin Gangguan (HO) serta surat ijin beralkohol bagi pedagang dan pengencer, “ jelasnya.

Lanjut dikatakannya, pihiknya tidak diberlakukan pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti halnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lain.

“Kita tidak memiliki target PAD karena masih berstatus perijinan terpadu atau bukan satu atap. PAD masuk ke SKPD masing-masing, namun ijin kita yang keluarkan,” tandasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading