Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Perkembangan Ketenagakerjaan Indonesia Semakin Baik

Staff Manado Today   |   3 Mei 2011 – 22:18 WITA

Bitung Today – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, mengatakan, kondisi obyektif ketenagakerjaan di Indonesia dalam kurun waktu Februari 2005 hingga Agustus 2010 menunjukkan perkembangan yang semakin baik.“Penambahan jumlah orang yang bekerja paling besar terjadi pada periode Februari 2007 sampai dengan Februari 2008 sebanyak 6,59 juta orang, setelah periode tersebut kondisi sempat menurun, namun membaik lagi pada periode Agustus 2009 hingga Febuari 2010 sebesar 2,54 juta orang,” kata Menakertrans, Muhaimin Iskandar, ketika membuka forum komunikasi pembinaan pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi (P2MKT) dan hubungan industri se Indonesia Timur di Manado, Selasa.

Muhaimin mengatakan, pada Februari 2005, jumlah penduduk yang bekerja mencapai 94,95 juta orang, meningkat 13,26 juta sehingga menjadi sekitar 108,21 juta orang pada Agustus 2010.

Kesempatan kerja baru tercipta, kata Muhaimin, telah menurunkan angka pengangguran terbuka, pada Februari 2005 jumlah pengangguran terbuka masih 10,85 juta orang atau 10,26 persen dari angkatan kerja, tetapi kemudian membaik pada tahun-tahun berikutnya.

“Pada Agustus 2010, jumlah penganggur terbuka (TPT) turun menjadi 8,32 juta atau 71,14 persen dari total angkatan kerja di Indonesia,” kata Muhaimin.

Ketenagakerjaan di Indonesia, kata Muhaimin, terus bergelut dengan berbagai masalah, mulai dari hak normatif, pekerja outsourching, kebebasan berserikat dengan fenomena baru.

“Semuanya itu harus diatasi dengan cepat, karena itu ini harus menjadi problem bersama termasuk pemerintah daerah,” kata Muhaimin.

Masalah mengurangi pengangguran, kata Muhaimin, menjadi agenda utama Kemenakertrans, meskipun tidak mudah karena berhadapan dengan anggaran yang terbatas.

“Kinerja penyerapan anggaran Kemenakertrans, sampai akhir Maret 2011 baru mencapai 3,17 persen, untuk itu, saya minta agar semua unit kerja segera melakukan evaluasi dan kajian kembali atas hal-hal yang menjadi kendala atau permasalahan untuk segera dapat diselesaikan dengan baik dan tepat,” kata Muhaimin. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading