Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Perlombaan Dongkrak Kebersihan Lingkungan

Aldi Mawitjere   |   10 Oktober 2011 – 23:29 WITA

Manado Today – Bulan Oktober 2011 ini, Kota Manado akan berdiri sejajar dengan sejumlah kota besar lainnya di Indonesia seperti Medan, Jakarta dan Surabaya untuk meraih supremasi di bidang kebersihan lingkungan yaitu Piala Adipura untuk kategori kota besar.

Dengan optimisme pemerintah ditambah dengan kesadaran warga yang sudah mulai membaik, maka Piala Adipura bukan hal yang mustahil untuk diraih.

Memasuki bulan Oktober 2011 ini, sebuah langkah maju dilakukan wilayah pemerintahan Kecamatan Mapanget, dimana di tingkat lingkungan sedang dilaksanakan proses penilaian kebersihan tingkat kelurahan. Selanjutnya akan penilaian akan berlanjut antar kelurahan tingkat kecamatan. Kegiatan serupa pun juga rencananya akan dilakukan oleh Kecamatan Wenang.

Sejumlah warga pun memberikan pendapatnya tentang apa yang sudah dilakukan pemerintah. Ella Malo, warga Kelurahan Paniki Bawah, menyatakan salut akan apa yang sudah dilakukan pemerintah kelurahan yang ada di seluruh wilayah Kecamatan Mapanget.

“Menurut saya itu sudah sangat baik, namun tetap membutuhkan pengawasan mengingat belum semua warga menyadari pentingnya memelihara kebersihan lingkungan,” katanya.

Senada juga dilontarkan oleh warga Kelurahan Komo Luar Kecamatan Wenang, Soraya Tanip. “Pemerintah sudah bekerja keras untuk menghimbau masyarakatnya untuk memperhatikan dan memelihara kebersihan lingkungan. Bahkan sering terlihat aparat pemerintahan turun langsung ke lapangan untuk serangkaian kegiatan bersih-bersih lingkungan. Namun masih ada sebagian anggota masyarakat yang belum sadar sepenuhnya akan pentingnya kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Pantauan manadotoday, di sejumlah tempat tampak kepala-kepala lingkungan di dua kecamatan itu dibantu dengan beberapa warga sedang melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Yang dominan terlihat adalah kegiatan membersihkan saluran air atau drainase dari tumpukan sampah.

Namun diluar pengamatan wartawan, kemungkinan besar masih ada banyak lokasi yang masih perlu lebih intensif melakukan hal serupa agar surat edaran Walikota Manado yang ditujukan kepada seluruh kepala-kepala lingkungan dapat memberikan hasil maksimal.(*/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading