Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Perlu Undang-Undang Pengelolaan Perbatasan

Aldi Mawitjere   |   14 Desember 2011 – 21:45 WITA

Manado, MTC – Pendekatan pengelolaan wilayah perbatasan saat ini lebih pada sekedar pendekatan keamanan (security approach), belum fokus, masih parsial. Nampak pada instansi dan lembaga yang memiliki keterkaitan belum berjalan bersama dan terkoordinasi secara integral. Makanya perlu ada undang – undang pengelolaan perbatasan.
“Sebenarnya kita sudah memiliki perangkat perundang-undangan yang mengatur pengelolaan wilayah perbatasan, yakni No. 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara. Hanya saja undang-undang ini masih sangat normatif dan substansinya belum bersifat aplikatif dan dapat menjawab tantangan-tantangan perbatasan masa kini,” jelas Paula Sinjal SH MSi, Anggota Komisi II DPR RI.
Untuk itu kedepan, sudah saatnya membuat UU yang secara khusus mengatur pengelolaan wilayah perbatasan.
“Suatu UU yang esensinya menggabungkan pendekatan keamanan (security approach) dengan pendekatan kesejahteraan (prosperity approach). UU yang seharusnya dapat menjadi landasan bagi terwujudnya peningkatan kehidupan sosial-ekonomi dan ketahanan sosial masyarakat, terkelolanya potensi wilayah, dan ketertiban serta keamanan wilayah perbatasan,” tandasnya.
Seperti diketahui belum lama ini kita dikejutkan dengan berita pencaplokan wilayah NKRI yakni Camar Bulan dan Tanjung Datu di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Persoalan seperti ini tidak hanya muncul sekali dua kali saja, namun sempat pernah terhenyak dengan terlepasnya Pulai Sipadan dan Ligitan akibat putusan Mahkamah Internasional yang menyerahkan dua pulau tersebut ke dalam wilayah negara tetangga, Malaysia.
“Persoalan perbatasan ini harus kita sikapi dengan serius karena menyangkut luasnya wilayah perbatasan dan teritorial yang harus kita pertahankan. Persoalan tidak selesai dengan sekedar mengirim pasukan TNI ke daerah perbatasan, namun lebih dari itu perlu ada pengelolaan yang kontinyu/berkesinambungan dan komprehensif sesuai dengan keinginan dan kekhasan wilayah, khususnya yang memiliki potensi sumber daya alam melimpah,”pungkasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading